#Tren Sosial: Pelecehan Seksual Wanita Brasil

BINTANGNEWS.com – Kaum perempuan Brasil mengguncangkan media sosial dengan mengungkapkan pelecehan seksual yang dialami di masa kecil.
Semuanya dimulai dengan sejumlah ocehan vulgar di Twitter terkait acara Masterchef versi yunior, sebuah kompetisi masak di televisi yang populer di seluruh dunia.
Salah seorang peserta adalah Valentina Shulz, seorang gadis kecil berusia 12 tahun, dan saat tayangan berlangsung, sejumlah lelaki bercuit di Twitter mereka, kalimat-kalimat yang sugestif secara seksual pada Valentina Schulz menggunakan tagar acara itu.
"Adakah yang tahu akun Twitter Valentina, dia akan berkencan dengan saya, lepas dia menginginkannya ataupun tidak," tulis seorang pengguna.
"Kalau dia menginginkannya juga, itu bukan pedofilia, ITU CINTA," tulis pengguna lain.
Pesan-pesan yang tak patut itu terlihat oleh Juliana de Faria, seorang jurnalis yang juga anggota kelompok feminis Think Olga.
Ia pun segera bercuit tentang kapan ia pertama kali mengalami pelecehan seksual untuk pertama kalinya -ketika masih bocah. Tak lama kemudian, banyak yang berbagi kisah-kisah mereka pula, dan Faria pun menggunakan tagar - "primeiroassedio" - atau "pelecehan pertama."
 "Mendadak sejumlah pembaca dan pengikut twitter Think Olga menulis email pada saya tentang kapan mereka pertama kali dilecehkan, dan ada yang mulai dilecehkan saat saat masih sangat sangat muda, di umur lima tahun. Saya pun mencuit ulang pesan-pesan itu," Faria berkata pada radio BBC Trending.
Tagar itu sudah digunakan lebih dari 90.000 kali oleh kaum perempuan yang berbagi kisah tentang pengalaman pertama mereka dilecehkan secara seksual di muka umum.
"Saat umur 11 tahun, saya sedang berjalan menuju ruang kelas tari, dan seorang lelaki menjamah pantat saya," cuit seorang pengguna.
"Umur saya baru 13 tahun. Saat itu saya berjalan ke supermarket. Mendengar ada seorang lelaki yang mengatakan bahwa payudara saya 'bentuknya sudah bagus'. #pelecehanpertama," tulis pengguna lain.

Dihadapi setiap hari

BBC Trending berbicara dengan seorang peremuan yang menderita pengalaman lebih mengerikan lagi, dalam kurun waktu lama. Namanya Luisa Guimaraes, yang di akun Facebook-nya menulis kisahnya dilecehkan dan diperkosa sejak umur 12, dan masih dialaminya hingga umur 22 tahun -antara lain diperkosa seorang sopir taksi.
Ia melukiskan pengalaman dilecehkan pertama kali saat masih sangat muda.
"Sebagaimana perempuan lain, jika berjalan kaki sendirian, saya diliputi ketakutan yang teramat sangat, saya selalu mengalami pelecehan verbal," tulisnya.
"Saya dikejar-kejar di jalanan... karena menjawab seorang pekerja yang bilang "ingin menyantap sekujur tubuh saya."
Dia ingat pertama kali dilecehkan tatkala ia berumur 9 atau 10 tahun, dan sesudah itu ia mengalaminya hampir setiap hari di jalanan.
"Di jalanan, di bis, di pesta-pesta, di kuliah, malam dan siang, umur 12 hingga 22."
"Itu bisa terjadi ketika kita berjalan kaki, dan ada saja yang mengucapkan kata-kata kotor. Atau saat di pesta, dan ada lelaki yang mau bicara atau mencium, dan ketika ditolak ia jadi agresif dan mencaci maki kita." katanya.
"Itu terjadi sering sekali pada saya dan pada banyak kawan. Kami harus menghadapinya setiap hari." (bbc/tb)
 

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply