Jelang Ramadhan TPU Membawa Berkah Bagi Penjaga Makam



KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Sudah tradisi dari turun temurun, jelang bulan suci ramadhan, banyak warga welakukan Nyekar atau ziyarah kubur. Tradisi ini juga dilakukan warga Karawang, Jawa Barat. Selain merawat dan membersihkan makam, warga juga melakukan ritual dao untuk kerabat leluhur yang sudah Wafat mereka.
Nyekar menjelang bulan suci Ramadhan, ke makam kerabat atau leluhur menjadi ritual sebelum menjalani puasa. Seperti yang terlihat di tempat pemakaman umum atau TPU Sirna Raga, di jalan Raden Mochamamad Saleh, kelurahan Karawang Kulon, Karawang. 

Ratusan warga muslim, terlihat memadati pemakaman untuk melakukan Zyiarah ke makam orang tua atau leluhur mereka. Kegiatan ini, merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang sudah turun temurun sebelum memasuki bulan ramadhan.

Selain merawat dan membersihkan makam/ warga juga melakukan ritual tabur bunga dan do’a untuk leluhurnya yang sudah meninggalkan. Hal ini dilakukan, agar segala Amal ibadah dari keluarga diterima tuhan yang maha esa, serta puasa ditahun ini lebih baik ditahun sebelumnya,” ujar Dewi, peziarah.

Sementara itu, jelang ramadhan menjadi berkah bagi para penjaga makam. Mereka bisa mendapat Pesanan untuk memperbaiki makam dari keluarga peziarah. Untuk satu bangunan makam, mereka mematok harga mencapai satu Juta lima ratus rupiah,”:Engkos, penjaga makam.

Tradisi Ziarah kemakan kerabat atau leleuhur menjadi salah satu tradisi bagi masyarakat jelang bulan ramadhan.(boy)
Ikuti Terus Sumber Infomasi Dunia di Twitter @bintangnews.com

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply