Pejabat AS Ketar Ketir Sikapi Proyek Rudal Balistik Korut Bikin



BINTANGNEWS.com – pejabat intelijen Amerika Serikat (AS) mengungkapkan kekhawatirannya terhadap proyek senjata Seorang nuklir Korea Utara (Korut). Menurutnya, jika dibiarkan, Korut pada akhirnya akan mempunyai senjata nuklir yang mampu menyerang AS.
"Jika terus berada jalur saat ini, rezim tersebut pada akhirnya akan berhasil menjatuhkan rudal bersenjata nuklir yang mampu mengancam Tanah Air AS," kata Direktur Badan Intelijen Letnan Jenderal Vincent Stewart.

"Meskipun hampir tidak mungkin untuk memprediksi kapan kemampuan ini akan terwujud, rezim Korut berkomitmen dan berada pada jalur di mana kemampuan ini tidak dapat dihindari," imbuhnya seperti dikutip dari CNN, Kamis (25/5/2017).

Satu-satunya rintangan tersisa, kata Stewart di hadapan Komite Angkatan Bersenjata Senat, menemukan jalan bagi rudal balistik untuk masuk kembali ke atmosfer. "Menyempurnakan re-entry adalah benar-benar masalah trial and error yang cukup untuk melakukan pekerjaan itu. Mereka mengerti fisika, jadi itu masalah desain saja," kata Stewart.

Untuk diketahui, rudal balistik terbang dengan rute parabola, keluar dan memasuki atmosfer bumi. Sementara rudal jelajah terbang dalam garis lurus di atmosfer.

Stewart dan Direktur Intelijen Nasional, Dan Coats, berbicara beberapa hari setelah Korut menguji rudal balistik kedua dalam rentang waktu seminggu. Analis mengatakan uji coba rudal itu dianggap salah satu yang paling sukses.

Sebuah analisis awal intelijen mengindikasikan keberhasilan masuk re-enrty ke atmosfer, merupakan lompatan signifikan dalam program rudal Pyongyang, dua pejabat AS mengatakan kepada CNN.

Meskipun tampaknya Korut belum mengembangkan rudal balistik antarbenua (ICBM) mumpuni yang mampu menjangkau 48 negara bagian yang bersebelahan di AS, namun mereka telah membuat kemajuan signifikan pada wilayah yang lebih pendek.

Baik Coats dan Stewart menekankan bahwa Pyongyang lebih jauh menyempurnakan teknologi misilnya dengan setiap tes. "Mereka pasti menunjukkan berbagai rudal, berbagai jenis bahan bakar, berbagai penguat," kata Stewart.

Coats dan Stewart ditanya apakah Korut memiliki kemampuan untuk menggunakan senjata nuklir melawan sekutu AS atau Korea Selatan. Keduanya menolak menjawab." (bbc/tb)
Ikuti Terus Sumber Infomasi Dunia di Twitter @bintangnews.com

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply