Indonesia Batal Cabut lisensi Qatar Airways



BINTANGNEWS.com – Kementerian Perhubungan dipastikan tidak mencabut lisensi terbang Qatar Airways, sehari setelah Menteri Budi Karya Sumadi menyatakan bakal mencabut sementara lisensi maskapai tersebut.

"Tidak ada pencabutan lisensi, yang benar adalah pengalihan para jamaah umrah asal Indonesia yang sedianya menggunakan Qatar Airways ke maskapai lain," ujar Menhub kepada wartawan.
Pengalihan jemaah dari Qatar Airways ke maskapai lain dilakukan lantaran adanya sengketa diplomatik antara Qatar dan tujuh negara, termasuk Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Adapun untuk penerbangan dari dan ke Indonesia, Qatar Airways masih dapat mengangkut penumpang seperti biasanya.

"Qatar Airways masih tetap dapat melayani penerbangan ke dan dari Indonesia yang dilanjutkan ke negara ketiga selain negara-negara yang mempunyai masalah diplomatik dengan Qatar," jelas Menhub Budi.
Pada Selasa (06/06), Budi menyatakan akan mencabut lisensi Qatar Airways untuk sementara.

"Jadi sifatnya sementara, nanti kalau ternyata ada pemulihan terutama kaitan dengan yang umrah, mungkin kita juga memikirkan untuk diberikan kembali (kepada Qatar)," kata Budi.
Dilarang gunakan ruang udara

Pemutusan hubungan diplomatik antara Qatar dan tujuh negara, yang mencakup Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, Mesir, Bahrain, Libia, Yaman, dan Maladewa, tentu berdampak pada sektor transportasi udara.

Qatar Airways telah membekukan semua penerbangan ke UEA, Arab Saudi, Mesir, dan Bahrain sampai pemberitahuan selanjutnya.

Di sisi lain, Etihad, Emirates, Flydubai, Air Arabia, Gulf Air, Saudi Arabian Airlines (Saudia), dan Egyptair tidak akan menerbangkan pesawat-pesawatnya ke Qatar.

Qatar Airways mengatakan penerbangan ke tujuan lain akan berlangsung seperti biasa. Anda masih bisa terbang, misalnya, dari Singapura ke London via Doha.

Namun, karena Qatar Aiways tidak diperbolehkan menggunakan ruang udara Arab Saudi, UEA, Bahrain, atau Mesir, pesawat-pesawat maskapai itu harus mengambil rute lain,” demikian.(bbc/tb)
Ikuti Terus Sumber Infomasi Dunia di Twitter @bintangnews.com



Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply