Karawang Peringatan Upacara Hari Lahir Pancasila



KARAWANG, BINTANGNEWS.com –  Kapolres Karawang AKBP Ade Ary Syam Indradi SH, S.I.K, MH mengikuti upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Lahirnya Pancasila yang Ke-72 tahun 2017, di Lapangan Karangpawitan pada Kamis (01/06/2017).
                                             
Upacara bendera hari Lahir Pancasila, dipimpin langsung oleh Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana dan komandan upacara Kapten Infantri Suryadi anggota Kodim 0604/ Karawang.
Tampak hadir yakni Danrem 063/Sunan Gunung Jati, Kolonel Inf. Veri Sudijanto Sudin, Dandim 0604/ Karawang Letkol Arm Ayi Yosa S. Sos, Kapolres Karawang AKBP Ade Ary Syam Indradi SH, S.IK, MH dan Unsur Forkopimda Kabupaten Karawang serta Para Tamu undangan yang lainnya.

Peserta Upacara Bendera hari lahir Pancasila di ikuti oleh 1 SST Yonif 305 Karawang, 1 SSK Kodim 0604/Karawang, 1 SST Polres Karawang, 1 SST Satpol PP Karawang, 1 SST Dishub, Korpri Kab. Karawang, PGRI Kab. Karawang serta Gabungan elemen pemuda di Kabupaten Karawang.

Dalam amanatnya dr. Cellica Nurrachadiana menyampaikan, meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, dihayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur pancasila sebagai dasar bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Karena Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Presiden pertama Republik Indonesa Ir. Soekarno, piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

“Harus diingat bahwa kodrat Bangsa Indonesia adalah keberagaman takdir tuhan untuk kita adalah keberagaman dari sabang sampai merauke adalah keberagaman dari miangas sampai rote adalah keberagaman berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia itulah Bhineka Tunggal Ika.
Saat ini kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan kebhinekaan kita sedang diuji dengan adanya pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinekaan, saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideoligi selain pancasila masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan kabar bohong,” ucap Bupati Karawang.

Kapolres Karawang AKBP Ade Ary Syam Indradi mengatakan, Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika kita bisa terhindar dari masalah tersebut kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri dengan Pancasila Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah tengah kemajemukan, katanya.

Kapolres menambahkan, oleh karena itu saya mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, biksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi TNI dan POLRI serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila, tambahnya.

Selamat Hari Lahir Pancasila, Kita Indonesia, Kita Pancasila, Semua Anda Indonesia, Semua Anda Pancasila, Saya Indonesia, Saya Pancasila.(jon)
Ikuti Terus Sumber Infomasi Dunia di Twitter @bintangnews.com
                                              

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply