Korut Mata-matai Sistem Rudal AS di Korsel



BINTANGNEWS.com –  Media Korea Selatan (Korsel), Yonhap, menuturkan Korea Utara (Korut) mulai memata-matai sistem pertahanan udara Amerika Serikat (AS), THAAD yang ditempatkan di Korsel. Korut menggunakan drone untuk memata-matai penempatan THAAD di Korsel.

"Sebuah pesawat tak berawak yang diduga berasal dari Korut telah mengambil foto udara dari situs anti-rudal THAAD AS di Korsel, sebelum jatuh dalam perjalanan kembali," bunyi laporan Yonhap, seperti dilansir Reuters pada Selasa (13/6).
Sebelumnya, sebuah drone yang diduga milik Korut juga ditemukan pada Jumat lalu di daerah pegunungan dekat perbatasan timur Korea. Drone itu diketahui turut dilengkapi dengan kamera dan kemungkinan besar digunakan untuk tujuan mata-mata.

"Objek yang ditemukan di bukit di Inje, provinsi Gangwon itu serupa dengan ukuran dan bentuk pesawat tak berawak Korut yang terlihat pada bulan Maret 2014 di Pulau Baenyeong dekat perbatasan barat," menurut Kepala Staf Gabungan (JCS).

JCS mengatakan dalam sebuah pernyataan, sebuah analisis terperinci akan dilakukan oleh instansi terkait. Menurut laporan media setempat, pesawat drone yang dicurigai milik Korut tersebut pertama kali terdeteksi Kamis oleh seorang penduduk. Hal itu kemudian dilaporkan kepada otoritas yang berwenang.

Benda itu mempunyai panjang 1,8 meter dan lebar 2,4 meter. Diperkirakan dilengkapi dengan kamera pengintai,” demikian Sindonews.(boy)
Ikuti Terus Sumber Infomasi Dunia di Twitter @bintangnews.com


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply