Kabid PNFI Karawang: Ijazah Faket Sederajat dengan Lulusan Formal

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Ijazah paket (kesetaraan), sudah memiliki kesamaan dengan ijazah yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan formal, dalam hal kualitas sama
derajatnya dengan lulusan formal.

Kepala Bidang Pendidikan Non Formal Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Amid Mulyana. Mengatakan, selain keabsahannya, ijazah paket juga bisa dipertanggungjawabkan derajatnya.

" Sebab dalam penyelenggaraan kegiatan belajarnya resmi oleh lembaga pendidikan non formal, dalam hal PKBM, tempat siswa pemilik ijazah paket menjalani pendidikan, sudah dibekali dengan akreditasi," ujarnya, Kamis (27/7/2017), di ruang kerjanya.

Dikatakan Amid, PKBM tidak begitu saja melakukan aktivitas belajar mengajar. Setiap penyelenggara pendidikan non formal (PKBM) harus mengikuti proses akreditasi yang digelar oleh pemerintah pusat, dengan tim penguji yang kredibel.


"Ada 8 aspek, di dalamnya juga menyangkut soal kependidikan, yang menjadi bahan penilaian saat proses akreditasi. Jika salah satu dari 8 aspek itu tidak terpenuhi, maka lembaga pendidikan tersebut tidak akan mendapatkan akreditasi atau lisensi," tambah Amid.

Di Karawang sendiri, lanjut Amid, saat ini sudah ada 10 PKBM yang memiliki akreditasi.

"Bahkan ada yang nilai akreditasinya cukup bagus, yakni PKBM Asolahiyah di Cilamaya," ujarnya
.(jon)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com


Related News

No comments:

Leave a Reply