Kadisnakertrans: Awas Penipuan Calon Tenaga Kerja di Karawang

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, Jawa Barat , mengharapkan para pencari kerja terutama lulusan SMA/SMK yang ingin bekerja di perusahaan mewaspadai penipuan bursa lowongan kerja melalui media online.

 Karena menurutnya tidak sedikit para pencari kerja yang merasa tertipu dan mengadukan nasibnya ke Disnaker dan tidak sedikit pula perusahaan yang melapor jika nama perusahaan mereka dicatut namanya oleh pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kepala Disnakertrans Suroto, saat dihubungi mengatakan,” setiap lulusan sekolah tahun ini tidak semua melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, bahkan sebagian besar dari mereka memilih untuk langsung bekerja,” ujar Suroto Minggu (23/7).

"Biasanya mereka ada yang ingin langsung bekerja. Kalau demikian hendaknya para pencari kerja, baik lulusan baru atau bukan untuk teliti dan tidak gampang percaya dengan setiap tawaran kerja melalui online di media sosial," himbaunya.

Ia mengatakan, Sesuai dengan Peraturan Bupati No. 8 tahun 2016 bahwa setiap informasi lowongan kerja sudah diatur satu pintu melalui Disnakertrans khususnya bagi lulusan SMA atau sederajat. Dan untuk lulusan sarjana memang diumumkan melalui media online, namun pengumuman dilakukan melalui web site resmi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut setelah berkomunikasi terlebih dahulu tentunya dengan pihak Disnaker.

" perusahaan yang memiliki kredibilitas yang bagus tentunya pasti akan melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan kita, jika akan membuka pengumuman lowongan kerja entah itu melalui web site resmi mereka, media cetak atau elektronik dengan Po Box resmi bukan melalui media sosial akun yang tidak jelas sehingga bisa diindikasikan hal tersebut adalah penipuan,"jelasnya.(joss)
Terus ikuti Sumber Daya Dunia di twitter @ bintangnews.com
 
 
 
x

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply