Karawang Jadi Pilot Projeck Program ”Wanatani Nusantara” Ketahanan Pangan Nasional - Sumber Informasi Dunia

Karawang Jadi Pilot Projeck Program ”Wanatani Nusantara” Ketahanan Pangan Nasional

Share This
KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Kabupaten Karawang, salah satu daerah yang diproyeksikan sebagai pilot project, dalam upaya khusus lahan pertanian Palawija, jenis kebun tanaman
Jagung, Pisang, kedelai yang telah ditetapkan seluas 2,900, Ha, sebagai pendukung program Nawa Cita dalam upaya ketahanan pangan nasional.

Gerakan Wanatani Nusantara, pertanaman jagung di lahan perhutani adalah, program hutan Sosial di Telukjambe II, diharapkan, Karawang selain dari sebagai kota lumbung padi, karawang juga harus menjadi sentra produksi jagung. dengan dasar pertimbangan potensi luas lahan tidur yang terdapat di daerah tersebut.

Sebagaimana Peraturan Pemerintah No. 68 Tahun 2002 tentang Ketahanan Pangan menegaskan, bahwa memenuhi kebutuhan konsumsi harus berkembang dari waktu ke waktu. Upaya penyediaan pangan dilakukan melalui sistem produksi pangan yang berbasis pada sumber daya, kelembagaan, dan budaya local.
Menurut H. Muchrodi, Sekretaris pertanian Karawang mengatakan,” "Sosialisasi Program Wanatani Nusantara menuju ketahanan pangan", yang digelar di gedung Jendral Sudirman, Yonif Para Raider 305/Tengkorak Telukjambe Karawang, Sabtu (15/7/17).

Program  Wanatani Nusantara” adalah konsep pertanian modern yang digagas oleh KH. Junaedi Al-Baghdadi, pengasuh pondok pesantren Al-Baghdadi Rengasdengklok, yang melibatkan sepuluh instansi pemerintahan. Diantaranya: Kementan RI, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementrian Dalam Negeri,  Kementrian BUMN, Kementrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Kementrian PUPR, Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, KodamIII/ Siliwangi dan Pemda Karawang.

Sementara itu, penggagas “Wanatani Nusantara” KH. Junaedy Al-Baghdadi menuturkan, ada 2.900 Ha yang akan digarap bersama-sama dengan para petani.

Sedangkan memberikan bantuan penataan ulang dan pengolahan lahan, penanaman Jagung dan lainnya menyesuaikan kultur tanah dan kebutuhan pasar sehingga dapat memaksimalkan hasil para petani dengan tatacara pengelolaan profesional yang akan dibantu oleh para ahli di bidangnya.

Memberikan bantuan teknis dan permodalan sebagai dana talangan untuk produksi pertanian sesuai petunjuk dan manajemen pola “Wanatani Nusantara” dalam wadah Perseroan Terbatas (PT) yang devidennya kembali kepada para Petani dalam porsi yang ditentukan.

Melalui Perseroan Terbatas, PT. Al-Baghdadi Indonesia Sejahtera (ALBIS) akan memberikan keuntungan bagi para Petani, diantaranya:

1.    Mendapatkan hasil panen setelah dipotong biaya produksi.
2.    Memberikan Deviden dari keuntungan bersih Perseroan Terbatas dalam hal ini PT. Al-Baghdadi Indonesia Sejahtera (ALBIS) dengan porsi dan mekanisme yang disepakati bersama.
3.    Mendapatkan honor bulanan Rp.2.000.000 per petani penggarap pemegang hak dengan luas lahan garapan masing-masing 2 Hektar Are.
4.    Akan memberikan pengawasan dan pembinaan secara menyeluruh dalam satu sistem produksi sehingga dalam pelaksanaan pekerjaan dijalankan secara kolektif atau bersama-sama sesuai dengan tata tertib tata cara perusahaan..(bin)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com



Post Bottom Ad

Pages