Panji: ”Karawang Surganya PNS Malas”, Beberapa Tahun Mangkir Masih Terima Gaji - Sumber Informasi Dunia

Panji: ”Karawang Surganya PNS Malas”, Beberapa Tahun Mangkir Masih Terima Gaji

Share This
Pancajihadi Al-panji Saat Melapor ke KASN
KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Seorang Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemda Kabupaten Karawang, Jawa Barat,  berinisial R, yang telah mangkir beberapa tahun
tanpa alasan yang jelas, masih menerima gaji.
Sementara Bupati dan Wakil Bupati Karawang, hingga sampai saat ini belum melakukan tindakan atau sanksi apapun bagi Oknum PNS yang nyata-nyata Indisiplioner yang telah beberapa tahun mangkir, tapi anehnya Oknum tersebut masih menerima gaji penuh.


Menurut seorang aktivis di Karawang, Pancajihadi Alpanji, kepada BINTANGNEWS.com  mengatakan,” Oknum PNS yang mangkir hampir selama 7 tahun tanpa ada tindakan atau sanksi yang tegas dari Bupati maupun Wakil Bupati.” Ini akan menimbulkan Stigma negatif dari luar daerah, dan Karawang seolah-olah akan menjadi ’surganya para PNS malas’ ujar Panji.
”Saya masih tidak mengerti dengan sikap Bupati dan Wakil Bupati Karawang, mengapa tidak berani tegas menindak Oknum PNS yang berinisial R, padahal menurutnya, Bupati dan Wakil Bupati Karawang harus selalu menekankan pentingnya tentang disiplin bagi PNS, sebagaimana tertuang dalam Visi Misi Cellica-Jimmy, yakni akan mewujudkan aparatur pemerintah daerah yang bersih dan berwibawa.
“Saya menduga, jika Bupati dan Wakil Bupati Karawang menjadi ciut, karena R, adalah pembantu dari mantan Bupati Karawang, Dadang S Muhtar, yang saat ini menjabat sebagai anggota Komisi II DPR RI di Senayan Jakarta, “papar Panji.
Akibat lemahnya nyali Bupati dan Wakil Bupati Karawang akhirnya Panji mendatangi Badan Kepegawaian Negara (BKN), serta Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), serta Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).
“Laporan saya mengenai R yang mangkir hamper selama 7 tahun, diterima oleh Menpan RB melalui bagian pengaduan dan pelaporan. Pihak Menpan RB berjanji akan segera menindaklanjuti kasus ini, setelah berkas laporan yang saya bawa telah mendapatkan disposisi dari Menteri PAN RB, “ujar Panji menirukan dari salah seorang pejabat di Menpan RB.
Laporan ini juga dilayangkan ke KASN dan berkas laporannya telah diterima oleh pejabat khusus yang menangani kasus PNS bermasalah.
“Salah seorang pejabat KASN, sangat terkejut ketika mengetahui ada Oknum PNS di Kabupaten Karawang yang telah mangkir selama beberapa tahun, dan mengapa Sekretaris DPRD (Sekwan) Kabupaten Karawang, serta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) dinas yang paling bertanggung Jawab atas absensi kehadiran para PNS malas,” kho diam saja,” jelas Panji.
KASN berjanji secepatnya akan membentuk tim khusus untuk menangani kasus ini. Pihaknya baru saja memberhentikan salah seorang Oknum PNS di Sulawesi, karena telah mangkir kerja selama tiga bulan berturut-turut, “ucapnya.
Berdasarkan aturan yang tertuang sangat jelas, dalam Peraturan Kepala (Perka) BKN nomor 21 tahun 2010, tentang ketentuan pelaksanaan PP nomor 53 tahun 2010,  tentang disiplin PNS, yang menyatakan, “Pemberhentian tidak dengan hormat bagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas selama 46 hari kerja, atau lebih” tutur Panji.(bin)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com




Post Bottom Ad

ad728

Pages