Saudi Cs Ultimatum 48 Jam pada Qatar untukPenuhi 13 Tuntutan

BINTANGNEWS.com – Arab Saudi, Bahiran, Uni Emirat Arab (UEA), dan Mesir telah sepakat untuk memperpanjang tenggat waktu bagi Qatar. Saudi cs memberikan waktu 48 jam tambahan kepada Qatar untuk
memenuhi tuntutan yang disampaikan kepada mereka. 

Keputusan tersebut diambil setelah perwakilan keempat negara tersebut melakukan pertemuan di Kairo, Mesir, semalam. Langkah tersebut dilakukan setelah sebuah permintaan oleh Emir Kuwait yang bertindak sebagai mediator dalam krisis Teluk.

"Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir sepakat untuk memberi Doha sebuah perpanjangan untuk menanggapi secara positif tuntutan mereka," kata Saudi dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Russia Today pada Senin (3/7).

Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani sendiri sebelumnya menyatakan, tuntutan yang diajukan oleh Arab Saudi, Bahrain, Mesir, dan UEA dibuat memang untuk ditolak oleh Qatar. Meski demikian, Thani menyatakan pihaknya siap untuk menegosiasikan hal ini.

Sementara itu, Saudi kembali menegaskan tuntutan yang disampaikan terhadap Qatar tidak dapat dinegosiasikan. "Tuntutan terhadap Qatar untuk menghentikan pendanaan terorisme tidak dapat dinegosiasikan," kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Jubeir melalui akun Twitternya.

Saudi cs mengajukan setidaknya 13 tuntutan sebagai syarat pencabutan blokade, dan perbaikan hubungan pada awal pekan ini. Beberapa tuntutan itu antara lain, Qatar harus memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran, menutup pangkalan militer Turki di Doha, berhenti mendanai tokoh dan organisasi yang dinyatakan sebagai teroris
,” demikian Sindonews.(roy)
Ikuti Terus Sumber Infomasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com


 

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply