BPKAD Karawang: Serapan Anggaran Sangat Dipengaruhi Oleh 4 OPD

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Karawang, Hadis Herdiana mengatakan, ada empat dinas yang anggarannya besar, yakni
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), dan Dinas Kesehatan (Dinkes).



Belanja daerah sampai saat ini sudah mencapai 40,96 persen atau Rp 1,58 trilun dari target Rp 4,29 triliun. “Untuk pendapatan daerah saat ini sudah 53 persen atau Rp 2,311 triliun,” katanya.
Dikatakan, untuk belanja langsung saat ini baru mencapai 31,55 persen dan belanja tidak langsung atau pegawai sudah 51,75 persen. “Data serapan anggaran ini merupakan pencairan SP2D dari seluruh OPD yang ada di Karawang,” kata Hadis, Selasa (15/08).

Dijelaskan, serapan anggaran sangat dipengaruhi oleh OPD yang memiliki anggaran besar seperti PUPR, PRKP, Disdik, dan Dinkes. “Untuk dinas lain juga berpengaruh tapi tidak terlalu signifikan seperti empat dinas yang memiliki anggaran besar,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk dinas PUPR serapan anggarannya sudah mencapai Rp 214,8 miliar dari target 817,1 miliar. Sementara untuk dinas PRKP serapan anggarannya sudah mencapai Rp 85 miliar dari anggaran 174 miliar, untuk Disdikpora serapan anggarannya mencapai Rp 495,2 miliar dari target Rp 1,02 triliun dan Dinkes serapannya sudah mencapai Rp 133,8 miliar dari target 470 miliar.

“Masih banyak pekerjaan fisik yang sedang dilakukan oleh dinas melalui rekanan, jadi belum ada pencairan anggaran jika semua pekerjaannya belum selesai,” katanya.

Dikatakan juga, pihaknya optimis serapan anggaran tahun ini bisa maksimal karena sudah ada sistem SP2D online, jadi dalam melakukan pencairan anggaran itu bisa lebih cepat dibanding saat masih manual. “Kami juga meminta OPD penerima DAK, agar bisa lebih cepat menyelesaikan pekerjaan dan laporannya,” ujar Hadis.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com




Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply