Jelang Musim Kemarau, Petani Karawang Selatan Lebih Memilih Tanam Palawija

KARAWANG, BINTANGNEWS.com –  Memasuki musim kemarau, petani penggarap di Karawang, Jawa Barat, lebih memilih menanam palawija seperti kacang kulit, Kacang panjang, Sawi dan yang lain-lain. Sulitnya
distribusi Air saat musim kemarau  kembuat petani memilih menanam palawija daripada Padi.

Seperti di Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang. Petani penggarap lebih memilih menanam palawija, seperti kacang kulit dibanding Padi. Hal itu dilakukan karena sulitnya distribusi Air saat musim kemarau panjang.



Pertimbangan petani lebih memilih menanam kacang karena tanaman kacang cenderung tidak membutuhkan banyak air seperti mnanam Padi.

Para petani penggarap ini hanya butuh menyiram tanaman kacang dalam waktu dua minggu sekali. Selain itu, tanaman ini tergolong cepat masa pemanenannya berbeda dengan padi yang harus menungggu 3 bulan mendatang baru bias dipanen,” kata Mamat Petani,Sabtu (05/08).

Menurut Mamat, menanam palawija akan lebih menguntungkan dibandignkan, daripada memaksakan menanam padi, disaat musim kemarau seperti sekarang. Pasalnya dengan persediaan air yang semakin menipis, petani tidak mau berspekulasi dengan menanami lahan pertaniannya dengan menanam padi.(my)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com





Related News

No comments:

Leave a Reply