Sekda Jabar Ajak Jaga Kelestarian Lingkungan Karawang

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga kelestarian lingkungan. Hal itu
diungkapkan Kang Iwa, saat menghadiri acara pengukuhan komunitas pecinta lingkungan bernama Jaga Seke Tatar Sunda wilayah Karawang, Selasa (15/08).


Kang Iwa yang memperkenalkan sebuah sumber air di Kampung Citaman, Desa Taman Sari, Kecamatan Pangkalan, Karawang, Jawa Barat di hadapan masyarakat, dan mahasiswa Universitas Negeri Singaperbangsa (Unsika) Karawang.

"Air merupakan sumber kehidupan yang harus kita jaga. Supaya masyarakat tidak jadi air mata," ujar Kang Iwa juga menjadi penggagas acara tersebut.

Sekda ini tang merupakan perwakilan pemerintah Jawa Barat, sangat bersyukur karena sampai saat ini masih banyak masyarakat yang peduli terhadap kelestarian lingkungan, salah satunya komunitas Jaga Seke. Untuk itu, kedepan dia berharap Jaga Seke yang ada di Karawang, juga mau terlibat menjaga alam, salah satunya dengan tetap menjaga sumber air yang ada.

"Sementara itu, menurut kepala desa setempat mengatakan,” sumber air disini tetap ada airnya meski di musim kemarau. Jadi saya harap semua masyarakat mau terus menjaga sumber ar ini dan akan terus saya pantau," ujarnya kepada Wartawan di lokasi kegiatan.

Erwin Permana, ketua panitia kegiatan menyampaikan, acara ini salah satunya yang diisi dengan penanaman pohon di sekitar sumber air. Selan itu, Sekda secara simbolis menanam benih ikan di lokasi sumber air. Tujuannya agar masyarakat setempat kedepan bisa menjaga sumber air ini dengan baik.

Ketua Jaga Seke Jawa Barat, Dadan Abdul Haris, juga mengungkapkan hal yang sama. Sumber air di Desa Taman Sari ini, sudah ada sebelum masyarakat menempati daerah tesebut. Uniknya, sumber air ini konon berasal dari Gua Dayeuh dan menjadi sumber kehidupan bagi warga. 

"Banyak masyarakat yang memanfaatkan sumber air ini untuk mandi, mencuci, dan kebutuhan lain. Jadi sudah seharusnya untuk dijaga guna masa depan anak cucu kita nanti," ungkapnya.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply