Tugu Kebulatan Tekad Rengasdengklok, Bukti Sejarah Kemerdekaan RI

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Tugu kebulatan tekad bukti sejarah. Semula haya sebuah gubuk tak bermakna, namun gubuk ini pula lah yang telah menorehkan Sejarah

sejak menjadi markas Perjuangan Pembela Air (Peta). Dari beberpa fiksi atau golongan, seperti Macan Citarum dan Hizbullah yang dikoordinir Marsin. Tak jauh dari rumah peristiwa Rengasdengklok terdapat tugu berbentuk tangan mengepal.


Tugu yang terletak di Kecamatan Rengasdengklok ini dibangun oleh Bung Hatta, yang saat itu telah menjabat sebagai wakil Presiden. Biaya dalam membangun tugu ini menghabisikan 17.5000 pada tahun 1950. Maka disinilah lahir para pejuang Peta untuk meproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia.




Tugu ini dibangun untuk memperingati peristiwa Rengasdengklok. Dimana golongan muda dan golongan tua sepakat memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

Menurut  Idris penjaga tugu, mengaku bersyukur tugu kebulatan tekad ini diperhatikan oleh para Pemuda di Karawang. Pengabdiannya pun diganjar dengan pengangkatan sebagai pegawai honorer,” ujra Idris penjaga tugu yang sangat bersejarah itu.


Sementara itu, setiap hari kemerdekaan tiba tepatnya pada tanggal 17 Agustus, masyarakat dari berbagai daerah pasti akan mengunjungi Monumen tugu kebulatan ini, untuk mengetahui banyak mengenai sejarah berdirinya Monumen tugu kebulatan tekad ini.(my)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com
 
 
 
 

 

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply