Eks PM Cantik Thailand Dihukum 5 Tahun Penjara

BINTANGNEWS.com – Mahkamah Agung Thailand memvonis dan menghukum mantan perdana menteri Yingluck Shinawatra lima tahun penjara secara in absentia.
Yingluck dinyatakan bersalah karena merencanakan skema subsidi beras yang merugikan miliaran dolar negara tersebut.

Dilansir Sindonews,” Yingluck melarikan diri ke luar negeri bulan lalu karena khawatir pemerintah militer, yang dibentuk setelah kudeta tahun 2014, akan menjatuhkan hukuman yang berat.

Selama lebih dari satu dasawarsa, politik Thailand didominasi oleh perebutan kekuasaan antara elite tradisional Thailand, termasuk angkatan darat dan kelas atas Bangkok yang makmur. Keluarga Shinawatra, yang mencakup saudara laki-laki Yingluck, mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, juga digulingkan oleh kudeta.

Yingluck telah menghadapi hukuman 10 tahun penjara karena kelalaian atas skema yang telah membantu membuatnya terpilih menjadi Perdana Menteri pada tahun 2011. Dia telah mengaku tidak bersalah dan menuduh pemerintah militer melakukan penganiayaan politik.

Sembilan hakim memilih dengan suara bulat untuk menyatakan Yingluck bersalah dalam pembacaan vonis yang memakan waktu empat jam, dan sebuah surat perintah dikeluarkan untuk penangkapannya.

Pengadilan mengatakan Yingluck tahu bahwa anggota pemerintahannya telah memalsukan kesepakatan beras pemerintah-ke-pemerintah tapi tidak melakukan apapun untuk menghentikannya.

"Terdakwa tahu bahwa kontrak beras pemerintah-ke-pemerintah itu haram tapi tidak mencegahnya," kata Mahkamah Agung Thailand seperti dikutip dari Reuters, Rabu (27/9/2017).

"Yang merupakan cara mencari keuntungan yang tidak sah. Karena itu, tindakan terdakwa dianggap kelalaian tugas," lanjutannya.

Seorang mantan menteri perdagangan di pemerintahannya dipenjara selama 42 tahun bulan lalu karena memalsukan kesepakatan beras pemerintah-ke-pemerintah sehubungan dengan skema subsidi.(boy)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply