Filipina Perangi ISIS, Australia Kirim Tentara Bantuan

BINTANGNEWS.com – Australia akan mengirim pasukan untuk membantu pasukan Filipina dalam pertempuran yang sedang berlangsung melawan ISIS di kota
selatan Marawi. Demikian pernyataan Menteri Pertahanan Australia Marise Payne.

Saat konferensi pers bersama kompatriotnya asal Filipina, Delfin Lorenzana, Payne mengatakan kontingen kecil tentara Australia akan dikirim untuk melatih tentara Filipina.

"Kami sangat berkomitmen untuk mendukung Filipina dalam upayanya mempertahankan diri dari ancaman teroris. Ini adalah ancaman bagi wilayah (yang) kita semua perlu bekerja sama untuk mengalahkannya," kata Payne seperti dilansir dari Reuter, Sabtu (9/9/2017).

"Pasukan Australia sangat memuji teman-teman mereka yang telah dikirim ke Filipina untuk melatih personil setempat," kata Payne.

Menanggapi hal tersebut, Lorenzana menegaskan tidak ada tentara Australia yang akan terlibat aktif dalam pertempuran.

"Tidak akan terlihat bagus jika kita membutuhkan tentara untuk berperang di sini. Kami senang dengan bantuan yang kami dapatkan dari Australia," ujar Lorenzana.

Seorang juru bicara Payne mengatakan rincian lebih lanjut dari kontingen pelatihan akan ditentukan dalam beberapa hari mendatang.

Militan menyapu Marawi pada tanggal 23 Mei dan telah menguasai bagian-bagiannya meskipun ada serangan darat yang berat oleh ratusan tentara dan serangan harian oleh pesawat dan artileri.

Filipina selatan telah dirusak selama beberapa dekade oleh pemberontakan dan bandit. Namun intensitas pertempuran di Marawi dan kehadiran pejuang asing yang berperang di samping militan setempat telah menimbulkan kekhawatiran bahwa wilayah tersebut dapat menjadi pusat ekonomi ISIS Asia Tenggara karena negara tersebut kehilangan wilayah di Irak dan Suriah.

Pasukan Filipina yang memerangi pemberontak yang terkait dengan ISIS di sebuah kota di selatan menghadapi perlawanan bersenjata dari wanita dan anak-anak yang kemungkinan anggota keluarga militan, kata militer Filipina.(reff)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com.
                                                      

Sumber: Sindonews

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply