Manfaat Berjalan Kaki selama 15 Menit untuk Kesehatan

BINTANGnews.com – Banyak dari kita yang merasa bersalah dengan menjadi anggota gym mahal dan kemudian berhenti
sebelum 90 hari. Tapi, apakah Anda pernah diberitahu ada cara yang lebih mudah untuk tetap sehat tanpa membuat kantong bolong?

Dikutip dari Times of India, kajian terbaru Harvard menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit tiap hari bisa menambah panjang usia Anda. Apa saja manfaat jalan kaki? Berikut ulasannya!

1. Tulang jadi lebih kuat
Jika Anda berusia 30an atau mendekati angka itu, ingatlah bahwa dalam waktu dekat, tulang Anda akan mulai menipis setelah usia itu. Massa tulang yang rendah bisa membuat Anda rentan mengalami gangguan terkait tulang. Tapi, berjalan kaki membantu meningkatkan kepadatan tulang.

2. Tubuh membakar kalori
Sebuah kajian yang dilakukan di University of Tennessee mengklaim bahwa wanita yang berjalan kaki sebagai olahraga memiliki lemak tubuh yang lebih sedikit dibanding wanita yang berolahraga di gym. Ini lebih nyata terlihat di usia 40—66 tahun.

3. Meningkatkan mood
American Psychological Association melakukan eksperimen terhadap mahasiswa dan menemukan berjalan kaki memberikan pengingkatan positif pada mood mereka. Ini dicapai dengan berjalan kaki selama 12 menit.

4. Meningkatkan kreativitas
Menurut sebuah kajian yang dilakukan Stanford, berjalan kaki meningkatkan kreativitas dibandingkan duduk. Jadi, kalau Anda akan memikirkan ide kreatif untuk presentasi, Anda tahu yang harus dilakukan.

5. Mempertajam otak
Sebuah kajian di Frontiers of Aging Neuroscience mengklaim bahwa ketika Anda berjalan, ada koordinasi dan konektivitas yang lebih baik di antara bagian yang berbeda dari otak. Ini bahkan menjaga Anda terlindungi dari gangguan mental terkait usia.

6. Mandi hutan
Ada praktik di Jepang yang disebut mandi hutan, dimana orang-orang berjalan di hutan untuk terhubung dengan alam dan merilekskan pikiran mereka. Itu membantu mereka melawan depresi dan merilekskan diri sendiri. Tapi, kalau tidak ada hutan di dekat Anda, jangan khawatir, taman pun sama baiknya.

7. Jaga kecepatan
Langkah lambat mungkin tidak sebaik langkah yang cepat. Tapi, jangan cepat menyerah hanya karena Anda tidak bisa menjaga kecepatan. Berjalanlah dan terus berjalanlah,” demikian Sindonews.( tb)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com




Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply