Warga Kelurahan Karawang Wetan Rayakan Gebyar 1 Muharam 1439 H

KARAWANG, BINTANGnews.com – Ribuan warga Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur,
Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyambut Gebyar 1 Muharam 1439 H, ribuan arak-arakan pawai obor juga menandai awal dari tahun baru dalam kalender Islam, pada Kamis malam (20/09).

Perayaan yang merupakan awal dari Bulan 1 Muharram merupakan salah satu bulan yang dihormati bagi umat Muslim, selain Dzulqa’ Dzulhijjah dan, bulan Rajab Mudhar.

”Demikian pula bagi warga kelurahan karawang wetan, yang setiap tahunnya dilaksanakan dengan acara arak-arakan pawai obor, yang diikuti oleh kurang lebih 2500 obor, dengan rute kelurahan Karawang wetan ke jalan Wijaya kusumah menuju lingkar Stadion, jalan By Pass dan, finish di kantor kelurahan Karawang wetan.

Kegiatan pawai obor ini diprakarsai oleh jajaran karangtaruna, kelurahan Karawang wetan dan Forum Komunikasi Karawang Wetan.

”Menurut H. Cahya wiguna, ketua Forum Komunikasi Karawang Wetan, menyerukan kepada para peserta agar menjadikan tahun baru Islam ini sebagai mementum belajar dan mengevaluasi diri. “Tanggal 1 Muharram merupakan waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi diri,” kata cahya.

Lebih lanjut Cahya menyampaikan bahwa obor bukanlah untuk menerangi jalan namun dalam artian syiar dan untuk memeriahkan datangnya tahun baru Hijriyah. “Tujuan pawai obor bukanlah menerangi jalan, karena lampu jalan di kota sudah terang. Tapi tujuan pawai obor ini adalah untuk mensyiarkan datangnya tahun baru. Khususnya kepada pemuda muslim. Karena tahun baru Hijriyah identik sebagai tahun baru Islam. Selama ini pemuda muslim cenderung melupakan ini, banyak yang lebih suka merayakan pergantian tahun Masehi,” lanjut cahya.


Pelaksanaan pawai obor semakin semarak diiringi marcing band, tabuhan bedug dan nyanyian qasidah. Para peserta terlihat begitu semangat mengikuti pawai tersebut. Mereka juga mengumandangkan Shalawat atas Nabi selama pawai berlangsung.(jon)



Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com




Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply