Operasi Satpol-PP Tertibkan Puluhan Pedagang Pasar Cikampek

KARAWANG,BINTANGNEWS.com – Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) cikampek menertibkan puluhan pedagang yang menggunakan
bahu jalan di Pasar Cikampek,(25/10/2017).

Sayangnya penertiban tersebut kurang maksimal lantaran beberapa menit kemudian, mereka (pedagang) kembali berjualan lagi di bahu jalan. Ironisnya, pedagang berjualan lagi saat puluhan petugas Satpol PP masih berada di lokasi itu. Kondisi ini membuat petugas bekerja dua kali untuk menertibkan pedagang yang ngeyel itu.

Penertiban dimulai sekira pukul 08:30 WIB berjalan lancar. Puluhan pedagang yang menjajakan berbagai aneka dagangan . Dengan tertib mereka meminggirkan dagangannya ke pinggir jalan. Namun pemindahan tidak berlangsung lama, satu persatu pedagang kembali berjualan di bahu jalan.

Para pedagang kesal lantaran penertiban dilakukan tidak menyeluruh sehingga timbul kesan pilih kasih. “Kalau memang mau ditertibkan kok hanya sebagian pedagang. Harusnya semua biar adil” ungkap Taufik seorang pedagang sayur-sayuran dengan nada kesal .

Ia menilai langkah Satpol-PP untuk menertibkan tidak efektif sebab hanya menyuruh pindah tanpa mencarikan solusi. “Kita disuruh minggir dari bahu jalan saja.” Kan lucu kalau memang mau dipindahin carikan tempat baru” Dirinya bersikeras kembali berdagang di tempat semula karena petugas hanya menertibkan tanpa memberikan lokasi yang baru. 

“Mau seribu kali ditertibkan kalau tidak ada lokasi khusus kita akan kembali berjualan lagi” katanya.

Menurutnya, berjualan di pinggir jalan secara ekonomis lebih menguntungkan karena pembelinya lebih banyak. “Pembeli enggak mau capek bila harus masuk dalam pasar. Mereka inginnya setelah turun dari angkot langsung membeli berbagai kebutuhan. Lokasi yang paling strategis ya di pinggir jalan” ungkapnya.

Sekretaris kecamatan cikampek Asep Amrullah mengatakan kepada wartawan BINTANGNEWS, penertiban dilakukan untuk menciptakan keindahan dan ketentraman pasar, Apalagi ada rencana untuk penataan pasar dan terminal Bus cikampek ,Makanya kita akan menertibkan secara rutin dan berkala pedagang yang berjualan di bahu jalan ” tambahnya.

Terkait penertiban yang kurang maksimal lantaran pedagang kembali berjualan dibahu jalan, Sekretaris kecamatan cikampek mengaku akan mengevaluasinya. “Dalam setiap penertiban kita evaluasi. Mudah-mudahan penertiban selanjutnya kejadian serupa tidak berulang” ujarnya.

Ia juga membantah tudingan pedagang yang menilai Satpol-PP hanya menertibkan tanpa mencari solusi. “Itu tidak benar, Kita sedang memikirkan untuk mencari lokasi baru bagi pedagang yang berjualan dibahu jalan. Saat ini tengah dirapatkan dengan instansi terkait” tegasnya.(Joss)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.Com



Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply