Tanpa Penonton Barcelona Menang 3-0 Atas Las Pasmas

BINTANGNEWS.com – Tuan rumah Barcelona menang mudah 3-0 atas Las Pasmas dalam pertandingan La Liga yang berlangsung bersamaan
dengan rencana referendum Catalunya, Minggu (01/10), yang dilarang pemerintah pusat Spanyol.

Pertandingan itu berlangsung dengan pintu tertutup setelah permintaan untuk menundanya terkait dengan pelaksaaan referendum ditolak otoira sepak bola. Namun seorang penonton berhasil menerobos pintu dan masuk ke lapangan sebelum ditarik ke luar oleh para petugas keamanan.

Dua dari tiga gol kemenangan Barcelona disumbangkan oleh Lionel Messi dan satu lagi dari Sergio Busquets.

Pemerintah Madrid sudah menegaskan akan menghentikan referendum untuk kemerdekaan yang dianggap tidak sah, yang ditanggapi dengan aksi protes yang diwarnai dengan beberapa aksi kekerasan.

Pernyataan La Liga menegaskan bawha pertandingan harus berlangsung seperti biasa karena keamanan dan keselamatan para pendungkung sudah 'dijamin' oleh polisi.

Klub meminta agar pertandingan ditunda karena merasa tidak tepat menggelarnya ketika situasi yag tidak biasa sedang terjadi di sekitar Catalunya.

Provinsi Catalunya -yang terletak di timur laut Spanyol dengan penduduk 7,5 juta- memiliki bahasa dan budaya sendiri dengan Barcelona sebagai ibu kota.

Walau merupakan kawasan otonomi khusus, pemerintah daerah Catalunya ingin menggelar referendum kemerdekaan namun konstitusi Spanyol tidak mengakui Catalunya sebagai bangsa yang terpisah.
Jajak pendapat memperlihatkan warga Catalunya tidak ingin merdeka dari Spanyol namun menganggap referendum sebagai sebuah mekanisme demokrasi.

Polisi menembakkan peluru karet dan pentungan untuk membubarkan unjuk rasa mendukung referendum dan dinas layanan darurat Catalunya mengatakan lebih dari 700 orang cedera.

Dalam pernyataannya menjelang pertandingan, Barcelona mengatakan dengan situasi peristiwa yang luar biasa, dewan direksi memutuskan bahwa pertandingan Barcelona melawan Las Palmas berlangsung 'di balik pintu tertutup menyusul penolakan dari Liga Sepak Bola Profesional untuk menunda pertandingan."

Papan untuk hasil pertandingan di Nou Camp sempat menampilkan gambar kotak suara dengan tulisan demokrasi, sebagai dukungan atas referendum.

Sementara tim tamu Las Palmas mengenakan bordir bendera Spanyol dengan tanggal 1 Oktober yang mencolok sebagai dukungan untuk Spanyol yang bersatu.(bbc/tb)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com



Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply