Warga Sindang Sari Tolak Keras Pembangunan Kandang Ayam Dekat Pesawahan

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Keberadaan kandang Ayam di Dusun Gebang Malang, Desa Sindangsari, Kecamatan Kutawaluya, di areal pesawahan seluas 1 Hektar yang saat ini sedang dalam proses pembangunan tersebut, dikeluhkan warga sekitar. Selain
itu, keberadaan kandang ayam yang diketahui milik salah seorang pengusaha tersebut diduga belum mengantongi izin lingkungan.

"Meski lokasinya ada di sekitar areal pesawahan tapi kami tidak setuju karena khawatir akan berdampak pada kenyamanan masyarakat yang tinggal disini, dan pastinya akan menimbulkan bau tak sedap pada lingkungan," kata Pudin warga sekitar kepada wartawan saat ditemui di lokasi pembangunan, Senin (09/11).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Salim (47), seorang pengembala Domba warga Dusun Gebang Malang, desa Sindangsari. Ia mengaku sangat tidak setuju jika di samping areal pesawahan milik warga yang berada di pinggir jalan dekat tempat tinggalnya itu dibangun tempat untuk ternak kandang ayam.


"Meski lokasinya ada di tengah sawah. Tapi kami tidak setuju kalau ada kandang ayam, selain menganghu lingkungan hal yang lain juga nanti akan berdampak pada tanaman padi karena lokasinya berada di dekat areal pesawahan. Sementara pembangunan tersebut sudah mulai dibangun pondasinya," ungkapnya.

Selain itu kata Salim, para pemilik sawah pun kebanyakan tidak setuju jika ada peternak ayam yang menyewa lahan untuk dibangun kandang ayam didekat areal pesawahan tersebut.

"Yang jelas banyak sekali yang tidak setuju. Apalagi para pemilik sawah dan para penggarapnya, soalnya akan menjdi dampak juga bagi lingkungan dan kesehatan dan intinya kami tidak pernah setuju," katanya.

Berdasarkan informasi dari warga di lapangan, diketahui jika pemilik kandang ayam ya gak saat ini sedang dalam proses pembangunan tersebut bukanlah dari warga sekitar (Sindangsari).

"Kalau tidak salah nama pemiliknya itu Ibu Candra, orang keturunan Cina, " katanya.

Sementara itu ketika ditanya terkait
perizinan dari pembangunan ternak kandang ayam terdebut, warga juga belum mengetahui secara pasti. Namun kata dia, sebagian ada warga yang mengatakan jika izin dari masyarakat sudah ada. Tapi ada juga yang mengatakan sama sekali belum ada izin, sehingga terjadi penolakan dari warga.

"Ada atau tidaknya atau saya kurang tahu. Tapi yang saya tahu dengan adanya pembangunan untuk ternak kandang ayam di wilayah kami, kemarin-kemarin sempat ramai dan karena adanya penolakan. Bahkan Danposramil kecamatan Kutawaluya juga diketahui ikut turun mengenai hal ini, " terangnya.

Sementara itu ketika di konfirmasi terkait hal tersebit, kepala Desa Sindangsari belum bisa dimintai keterenagan. Bahkan ketika dihubungi via telepon, nomor telpon nya pun tidak aktif.(Kye)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.Com





Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply