Ditekan Eropa, Iran Ancam Perluas Jangkauan Rudal Balistik

BINTANGNEWS.com – Iran mengancam akan memperluas jangkauan rudal balistik mereka jika Eropa tidak berhenti menembar ancaman dan memperkuat tekanan. Ancaman ini disampaikan oleh Wakil
kepala Garda Revolusi Iran (IRGC) Brigadir Jenderal Hossein Salami.

Jarak tembak rudal balistik Iran saat ini berkisar 2.000 kilometer. Menurut IRGC, rudal mereka dapat menghantam sebagian besar kepentingan dan kekuatan Amerika Serikat (AS) di wilayah tersebut.

Dikutif Sindonews, IRGC menyebut penentuan jarak tembak rudal balistik mereka didasarkan pada batasan yang ditetapkan oleh Pemimpin Tertinggi spritual Iran Ayatollah Ali Khamenei, yang merupakan kepala angkatan bersenjata.

"Jika kita mempertahankan jangkauan rudal kita hingga 2.000 kilometer, ini bukan karena kurangnya teknologi. Kami mengikuti sebuah doktrin strategis," kata Salami, seperti dilansir Reuters pada Minggu (26/11).

"Sejauh ini kita merasa bahwa Eropa bukanlah ancaman, jadi kita tidak meningkatkan jangkauan rudal kita. Tetapi jika Eropa ingin berubah menjadi ancaman, kita akan meningkatkan jangkauan rudal kita," sambungnya.

Pernyataan ini muncul setelah adanya serangan pernyataan yang dilontarkan pihak Prancis terkait program rudal balistik Iran. Prancis ingin adanya negosiasi mengenai pengembangan rudal balistik itu, karena dianggap mengancam negara-negara di kawasan.

Teheran sendiri telah berulang kali mengatakan bahwa program rudalnya bersifat defensif, dan tidak dapat dinegosiasikan.(tb)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.Com

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply