Kabar Habieb Rizieq Pulang, Sukmawati Minta Polisi Menangkapnya

BINTANGNEWS.com – Sukmawati Soekarnoputri meminta kepolisian menangkap Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Pimpinan FPI itu dikabarkan akan pulang ke Indonesia dalam
waktu dekat ini, untuk menghadiri acara reuni alumni 212.

Putri Soekarno ini menegaskan dirinya tak akan menyerah sampai Rizieq diproses secara hukum di pengadilan. “Orang kurang ajar tidak boleh didiamkan saja,” kata Sukmawati yang dilansir Tempo.co, saat dihubungi Tempo di Jakarta, Senin, 27 November 2017.

Sebelumnya, pada 27 Oktober 2016 lalu, Sukmawati melaporkan Rizieq ke Kepolisian Daerah Jawa Barat karena dianggap menodai Pancasila, sebagaimana dimaksudkan dalam Pasal 154a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan/atau Pasal 310 KUHP dan/atau Pasal 57a juncto Pasal 68 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Laporan tersebut didasarkan atas video Rizieq saat mengisi ceramah di wilayah Jawa Barat yang diduga beredar sekitar tahun 2015. Dalam video tersebut, Rizieq menyebut, “Pancasila Soekarno ketuhanan ada di pantat, sedangkan Pancasila piagam Jakarta ketuhanan ada di kepala.” Pada 30 Januari 2017, Rizieq ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus dugaan penodaan lambang negara ini.

Rizieq kemudian ditetapkan sebagai buron oleh Kepolisian Daerah Metro Jaya sejak 31 Mei 2017 lalu. Penetapan ini dilakukan sehari setelah Rizieq ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus lain yaitu dugaan pornografi bersama Firza Husein.

Rizieq dikabarkan berada di Arab Saudi. Lama berada di sana, Rizieq dikabarkan akan hadir dalam hajatan reuni Alumni 212 yang akan digelar di Jakarta, Sabtu, 2 Desember 2017. Acara ini merupakan bagian dari reuni setahun gerakan bela Islam 212.

Meski demikian, Sukma tetap meragukan kepulangan dari Rizieq. “Apa betulan mau pulang, atau hanya jadi pemancing?” ujarnya.

Kabar kepulangan Rizieq memang bukan kali ini saja. Pada akhir September 2017 lalu, Imam Besar FPI ini juga disebut akan pulang ke Indonesia setelah melakukan ibadah haji. Namun, ternyata waktu kepulangan Rizieq diundur dengan alasan masih ada urusan.

Terkait dengan perkembangan kasus yang dilaporkannya, Sukma mengatakan belum ada perkembangan. "Memang terhenti karena yang harus diperiksa (Rizieq) justru kabur," ujarnya.

Infografik: Mama Dedeh, Aa Gym, Rizieq Syihab Populer di Mata PNS dan Profesional

Rizieq Shihab sendiri telah pernah memberikan klarifikasi atas konten ceramahnya tersebut. Menurut dia, ceramahnya itu merupakan bagian dari tesisnya di University of Malaya, Malaysia yang berjudul “Pengaruh Pancasila terhadap Penerapan Syariat Islam di Indonesia.” Pihak yang mempersoalkan isi ceramah tersebut, kata Rizieq, sama saja dengan melakukan kriminalisasi terhadap tesis ilmiah.(bin)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.Com



Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply