Kemewahan Presiden Zimbabwe yang Sudah di Ujung Tanduk

BINTANGNEWS.com – Kekuasaan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe sedang berada di ujung tanduk, setelah militer mengambil alih kendali negara dan dia menjadi tahanan rumah.
Namun, diktator 93 tahun ini dilaporkan memiliki kekayaan lebih dari USD1 miliar atau lebih dari Rp13 triliun dan keluarganya hidup mewah meski rakyatnya terkenal miskin.

Mugabe masih berada di bawah tahanan rumah di kompleks ”Blue Roof” yang mewah di Harare. Di kompleks bangunan itu, dia memiliki 25 kamar tidur.

Selama berkuasa 37 tahun terakhir, Mugabe telah mengumpulkan kekayaan signifikan. Laporan media lokal menunjukkan sebagian kecil kekayaannya adalah deposito berlian.

Mugabe memiliki Zimbabwe Consolidated Diamond Company, perusahaan tambang terkenal di negara itu. Sang diktator lanjut usia ini telah berulang kali dituduh mencuri pundi-pundi negaranya, termasuk 15 hektare tanah selama serangan darat pada tahun 2000.

Menurut sebuah kabel diplomatik AS tahun 2001, yang kemudian dibocorkan organisasi anti-kerahasiaan WikiLeaks, Mugabe memiliki aset sekitar USD1,75 miliar, yang sebagian besar diinvestasikan di luar negeri.

Informasi data kekayaan presiden itu sangat sulit ditemukan, namun beredar rumor bahwa asetnya mencakup banyak hal mulai dari rekening rahasia di Swiss, Kepulauan Channel dan Bahama hingga istana di Skotlandia.

Kubu oposisi mengklaim bahwa Mugabe memiliki 14 peternakan di negara yang di ambang bangkrut tersebut. Jika klaim itu benar, maka kepemilikan asetnya bertentangan dengan konstitusi, yang membatasi kepemilikan tanah. Dari belasan peternakan Mugabe, yang paling dikenal adalah peternakan Omega Dairy, salah satu peternakan sapi perah terbesar di Afrika bagian selatan.

Keluarga Mugabe mengaku tidak kaya raya. Tapi, sang presiden kerap memamerkan kekayaannya di masa lalu. Tiga tahun yang lalu, dia menyantap daging gajah dan singa pada perayaan ulang tahunnya yang ke-90.

Rumah Mugabe di Harare dilaporkan luar biasa mewah, namun bukan satu-satunya rumah besar di portofolio propertinya. Presiden itu membeli rumah senilai USD5,2 juta di Hong Kong pada tahun 2013 dan juga memiliki Istana Hamilton di Sussex, Inggris, yang diperkirakan bernilai sekitar USD40 juta sebelum menjadi lokasi konstruksi.

Dia memiliki Mercedes Benz s600L custom-built yang mampu menahan peluru AK-47, ranjau darat dan granat. Mobil mewah itu juga dilengkapi dengan pemutar CD dan DVD, akses internet dan perangkat anti-bugging.

Para citizen Zimbabwe melaporkan bahwa Mugabe juga memiliki Rolls-Royce Phantom IV, mobil mewah era kolonial Inggris yang begitu eksklusif, hanya 18 unit yang diproduksi. Mobil mewahnya diperkirakan bernilai lebih dari seluruh PDB Zimbabwe.

Kemewahan Ibu Negara dan Anak-anak

Istri Mugabe—Ibu Negara Zimbabwe—Grace telah dikecam publik di masa lalu karena tampil dengan busana rancangan desainer top dan belanja mahal di tengah krisis ekonomi yang melanda negara Afrika itu. Kecenderungannya untuk mengoleksi fashion telah membuat Grace dijuluki “Gucci Grace”.

Grace dilaporkan menghabiskan USD131.000 selama berbelanja di Paris pada tahun 2003. Dia dilaporkan memiliki portofolio properti bernilai jutaan dolar, termasuk rumah di Malaysia dan Singapura  dan sebuah armada mobil mewah.

Awal tahun ini, Ibu Negara bertarung ke pengadilan dalam upaya untuk merebut aset seorang pengusaha Libanon yang diduga gagal mengantarkannya untuk meraih cincin berlian senilai lebih dari USD1,35 juta.

Dia mengatakan di surat kabar bahwa pada tahun 2015, dia telah membayar uang muka untuk pengiriman cincin berlian “setidaknya 100 karat” untuk ulang tahun pernikahannya. Namun, dia justru ditawari barang berkualitas lebih rendah seharga USD30.000.

Dikutif Sindonews, Anak-anak Mugabe juga dikenal dengan selera mahal mereka. Awal tahun ini, putra termuda pasangan ini, Bellarmine Chatunga, pamer foto di Instagram, di mana dia menunjukkan arlojinya mewah. ”USD60.000 di pergelangan tangan saat ayah Anda menjalankan seluruh negeri!” tulis dia dalam posting-an tersebut, yang dikutip dari news.com.au, Minggu (19/11/2017).

Sebuah video yang kemudian muncul putra presiden berusia 21 tahun itu, di mana dia terlihat menyiram arloji mewahnya dengan sebotol sampanye mahal, Armand de Brignac, seharga USD400.

Pada bulan September tahun ini, putra sulung Grace, Russell Goreraza, 33, mengimpor dua limusin Rolls Royce ke negara yang nyaris bangkrut tersebut.

Rolls Royce Phantom harganya minimal USD698.000, tapi versi custom-built dijual seharga USD1,74 juta. Media di Afrika Selatan melaporkan bahwa total harga mobil-mobil anak presiden itu sekitar USD6,98 juta.(jon)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply