Mugabe Mundur dari Kursi Presiden

BINTANGNEWS.com – Presiden Zimbabwe Robert Mugabe akhirnya memutuskan untuk meletakkan jabatannya, setelah 37 tahun berkuasa. Seperti dilaporkan Reuters, Selasa
(21/11), juru bicara Parlemen Zimbabwe, Jacob Mudenda mengumumkan pengunduran diri Mugabe.

"Saya, Robert Gabriel Mugabe, mengingat pasal 96 Konstitusi Zimbabwe, dengan ini secara formal saya mengajukan pengunduran diri," tutur Mudenda saat membacakan surat bersejarah salah satu presiden terlama di benua Afrika itu.

Menurut sumber Sindonews, sebelum Mugabe mengundurkan diri, sebuah gerakan di Parlemen Zimbabwe telah memaksanya untuk melepaskan kekuasaan. Emmerson Mnangagwa, mantan Wakil Presiden Partai ZANU-PF yang berkuasa di Zimbabwe, diperkirakan akan mengambil alih jabatan presiden dalam waktu 48 jam.

Dua pekan lalu, Mnangagwa dipecat oleh Mugabe dalam upaya memuluskan langkah Grace Mugabe, istri Mugabe untuk menduduki posisi wakil presiden. Hal ini pula yang memicu meletusnya kudeta militer pada pertengahan pekan lalu.

Pengunduran diri Mugabe disambut baik oleh sejumlah negara, salah satunya Inggris. "Pengunduran diri Robert Mugabe memberi Zimbabwe kesempatan untuk menempuh jalan baru yang bebas dari penindasan. Dalam beberapa hari ini kita telah melihat keinginan rakyat Zimbabwe untuk pemilihan yang bebas dan adil dan kesempatan untuk membangun kembali ekonomi negara di bawah pemerintahan yang sah,” kata Perdana Menteri Inggris Theresa May.

"Sebagai teman lama Zimbabwe, kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk mendukung hal ini, bekerja sama dengan mitra internasional dan regional untuk membantu negara mencapai masa depan yang lebih cerah sehingga layak mendapatkannya," lanjutnya.(reff)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply