Peringati Pendudukan Kedubes AS, Iran Pamerkan Rudal Canggihnya

BINTANGNEWS.com – Iran memamerkan rudal dari permukaan ke permukaan miliknya. Kemunculan rudal tersebut sebagai bagian dari peristiwa yang menandai ulang
tahun pengambilalihan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) pada 1979 dan krisis sandera.

Ribuan orang berkumpul di bekas kedutaan AS di pusat kota Teheran dimana sebuah rudal, diyakini sebagai rudal Sejjil yang mempunyai jarak tembak sejauh 2.000 kilometer, ditampilkan. Ini adalah pertama kalinya Iran menampilkan rudal selama perayaan tahunan tersebut seperti dikutip dari Washington Post, Sabtu (4/11/2017).

Kerumunan massa meneriakkan "Jatuhlan AS" dan "Matilah Israel" pada perayaan ulang tahun pengambilalihan kedutaan yang mengikuti Revolusi Islam Iran. Lima puluh dua diplomat Amerika dan warga disandera selama 444 hari.

Dilansir Sindonews, hubungan antara AS dan Iran kembali memanas setelah Presiden Donald Trump menolak untuk mengesahkan kembali kesepakatan nuklir internasional yang ditandatangani pada 2015 lalu. Selain itu, AS telah memberlakukan sejumlah sanksi terhadap Iran atas program rudal balistiknya.

Keputusan AS ini menuai kecaman dari dunia internasional. Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini mengatakan Washington tidak memiliki hak untuk secara sepihak mencabut kesepakatan yang merupakan hasil negosiasi yang sulit antara beberapa negara.

"Ini bukan kesepakatan bilateral. Itu bukan milik negara manapun. Dan tidak sampai satu negara pun untuk menghentikannya. Ini adalah kesepakatan multilateral, yang dengan suara bulat didukung oleh Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa,"kata Mogherini.(jon)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.Com.


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply