Pesta Adat Kahiyang-Bobby, Gibran "Manortor", Jan Ethes Menggemaskan

BINTANGNEWS.com – Hari ini, Jumat (24/11/2017), Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo, dan suaminya, Bobby Afif Nasution, menjalani ritual adat "Mangalo-alo Mora" dalam rangkaian acara ngunduh mantu
dan resepsi pernikahan di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi, Asam Kumbang, Medan, Sumatera Utara.

Mangalo-alo Mora atau menyambut kedatangan Mora merupakan salah satu prosesi dalam adat Batak Mandailing untuk menyambut saudara kandung laki-laki dari Ibu Bobby, yaitu dari keluarga Siregar.

Dikutif Kompas.com, Afifudin Lubis yang bergelar Mangaraja Ihutan Soripada mengatakan, Mora adalah pihak yang sangat dihormati. Apabila datang dalam Horja, mereka harus disambut dengan gembira.

Kahiyang tampak cantik dengan kebaya dan tudung dari brokat berwarna oranye yang dipasangkan dengan kain songket berwarna senada, hanya lebih muda. Sementara itu, Bobby mengenakan pasangan jas dan celana berwarna abu-abu muda dengan dasi yang berwarna senada dengan kebaya Kahiyang serta peci berwarna hitam.

Dalam acara ini, Gibran Rakabuming Raka, kakak Kahiyang, mewakili ayahnya, Presiden Jokowi, berada dalam barisan tuan rumah untuk menyambut Mora. Di sampingnya berdiri Selvi Ananda sambil menggendong buah cinta mereka, Jan Ethes Narendra.

Gibran pun juga diikutsertakan dalam acara manortor atau menari adat Batak bersama para pria lainnya. Acara manortor akan dilanjutkan kembali pada malam hari lepas shalat Isya. Para tetua adat, Inanta Soripada, naposa, dan nauli bulung akan menari semalam suntuk.

Selain Gibran, kehadiran Jan Ethes, putranya, cucu pertama Jokowi, juga mewarnai acara adat hari ini.

Jan Ethes yang saat ini berusia 1 tahun 8 bulan ini mencuri perhatian para tamu karena kelucuannya. Dia juga bolak-balik menghampiri Kahiyang di panggung.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.Com

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply