Survei: Ridwan Kamil Tetap Tinggi, Tapi Emil Sebut Itu Bukan Jaminan

BINTANGNE WS.com –  Wali Kota Bandung Ridwan Kamil masih berada di urutan teratas dalam ragam survei Pilkada
Jawa Barat 2018.

Lembaga survei Indo Barometer, Jumat (3/11/2017) merilis, elektabilitas Ridwan Kamil berada di angka 46 persen di atas Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar.

Menanggapi hal itu, Ridwan menilai bahwa survei sangat penting dalam sebagai salah satu indikator masyarakat dalam menentukan pilihan sosok pemimpin.

"Survei salah satu indikator, kalau sekarang gak percaya survei kita mau percaya apa? Feeling, kira-kira, kata orang, kan susah," ucap Ridwan saat ditemui di Jalan Ibrahim Adjie, Jumat (3/11/2017).

Namun, kata dia, hasil survei tinggi tak menjamin menang dalam pilkada. Sebab, perhelatan pilkada masih lama. Artinya banyak kemungkinan yang bisa terjadi.

"Ya, kita percaya survei, tapi survei bukan jaminan. Survei hanya me-mapping kondisi hari ini, kan masih ada delapan bulan. Kalau kondisi saya sekarang bagus ya alhamdulillah saya pertahankan, akan terus kerja, sosialisasi, secara fisik, digital, dan lainnya. Nanti kalau setelah cuti akhir Januari baru ngebut tiap hari," ujar Emil, sapaan akrabnya yang dilansir Kompas.com.

Diberitakan sebelumnya, lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei peta dan profil calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat 2018 versi publik di Hotel Aston Braga, Jalan Braga, Kota Bandung, Jumat (3/11/2017).

Dalam rilis tersebut, dari 16 simulasi yang dilakukan Indo Barometer, nama Ridwan Kamil masih unggul dibanding dua nama lainnya, yakni Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi.

"Hari ini yang kita lihat Ridwan Kamil paling potensial," kata Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli dalam konferensi pers, Jumat sore.

Indo Barometer mencatat, elektabilitas Ridwan Kamil berada di angka 46 persen. Kemudian Dedi Mulyadi dengan elektabilitas 19-20 persen menyalip elektabilitas Deddy Mizwar yang justru turun ke angka 16 hingga 17 persen.

"Ridwan Kamil kenaikannya cukup besar. Selisih sekarang dengan calon lain hampir 20 persen. Angka Ridwan Kamil sudah di atas 40 persen, sementara Dedi Mulyadi baru di angka 19-an persen artinya ini kerja berat," tuturnya.

Survei Indo Barometer dilakukan dari 11 hingga 15 Oktober 2017 dengan jumlah responden sebanyak 800 orang dan margin of error plus minus 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.(boy)
Ikuti Terus  Sumber Informasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply