VIDEO: Korut Tuduh Trump Lakukan Provokasi Serius


BINTANGNEWS.com – Dua hari setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memasukkan Korea Utara (Korut) sebagai sponsor terorisme, Pyongyang pun memberikan tanggapan.
Korut mengatakan bahwa keputusan tersebut sebuah provokasi serius dan bersumpah untuk menjaga program nuklir dan misilnya sebagai penghalang terhadap musuh seperti AS.

"AS, gembong dari segala jenis terorisme yang bahkan tidak dapat mencegah teror di wilayahnya sendiri, bertindak seperti 'hakim internasional mengenai terorisme' sambil melampirkan atau menghapus label 'sponsor terorisme negara' di negara-negara berdaulat," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Korut mengatakan kepada kantor berita resmi Korea Tengah.

"Ini adalah provokasi serius dan pelanggaran keras terhadap negara kita yang bermartabat," sambungnya seperti dikutip dari New York Times, Kamis (23/11/2017).

Komentar tersebut merupakan reaksi resmi Korut yang pertama terhadap keputusan Trump pada hari Senin untuk mengembalikan negara tersebut ke daftar negara-negara yang mensponsori terorisme Washington, bersama dengan Iran, Sudan dan Suriah.

Dikutif Sindonews, pada hari Selasa, Departemen Keuangan mengumumkan babak baru sanksi untuk menghambat program rudal nuklir dan balistik Korut, yang menargetkan perusahaan dan kapal Korut serta perusahaan perdagangan China.

Daftar ulang tersebut menimbulkan kekhawatiran di wilayah bahwa Korut mungkin menganggapnya sebagai alasan untuk melanjutkan tes senjata. Negara ini terakhir meluncurkan rudal pada 15 September lalu.

Pada hari Rabu, juru bicara Korut yang tidak dikenal tidak menyebutkan ancaman langsung untuk meluncurkan rudal. Namun dia mengatakan bahwa penangkal Korut akan semakin diperkuat - dan negara tersebut harus terus menjaga agar senjata nuklir yang berharga di tangan kami lebih erat lagi - selama Washington melanjutkan dengan kebijakan bermusuhannya terhadap Korut.

Dia mengatakan bahwa penunjukan ulang tersebut mencerminkan niat Washington untuk menghancurkan ideologi dan sistem Korut dan bahwa tentara dan rakyatnya mengeraskan tekad mereka untuk menyelesaikan semua masalah dengan gangster tersebut kapan saja dengan cara apa pun.(reff)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply