HUT BINTANGNEWS.com yang ke-6, Tahun 2018

Oleh: T. BINTANG     

Pemred BINTANGNEWS.com

BINTANGNEWS.com – Diawali dengan ucapan rasa syukur dan alhamdulillah, tanpa terasa berkat izin Allah, hari ini tanggal 1 Januari 2018 adalah, merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Media Online BINTANGNEWS.com yang ke-6 tahunnya.

Seiring dengan pesatnya perkembangan tehnologi, dimana semua orang telah menggunakan fasilitas Digital Internet. Sehingga media sosial kini semakin mendapat pengakuan masyarakat pembaca, termasuk media Online BINTANGNEWS.com didalamnya.

Namun jujur harus kami katakan, mengelola sebuah media, sangatlah berat dirasa, terutama menjaga eksistensi berita dan memelihara konsistensi motivasi bekerja, karena pekerjaan yang satu ini syarat dengan tidak harus mengenal libur dan lelah. Hal ini memang bukan pilihan, tapi lebih kepada tanggung jawab dari seorang propesi Jurnalis.          

Pepatah bijak mengatakan, bertahan lebih berat daripada menempuh, apalagi  dengan fasilitas yang serba alakadarnya, tentu saja hal itu akan diuji sejauh mana tingkat keseriuasan dan persiapan mental kita saat menggeluti sebuah propesi, termasuk kami dalam mengelola media Online BINTANGNEWS.com.

Namun demikian, kami sebagai Insan Pers akan senantiasa tegar menjalankan fungsi dan tugas pokok sebagai kontrol sosial dan, sebagai penghantar Informasi kepada rakyat, karena kepuasan pembaca adalah kepuasan kami juah.


Apalagi diera fasilitas Digital Internet, tugas pokok Jurnalis tidak bisa manja dan leha-leha, Wartawan kini semakin dituntut untuk berpacu dengan waktu, namun sebaliknya, adanya fasilitas Internet, tugas Wartawan semakin terpenuhi hak tahu Informasi masyarakat. Karena apa yang terjadi jam ini di dunia, maka jam ini pula Wartawan telah mampu menyampaikan Informasi ke tangan pembaca, sesuai filosopi Tehnologi, ”HP-mu adalah mediamu”.

Dengan kata lain, pembaca kini akan lebih dimanjakan oleh Jurnalis, karena sudah tidak lagi harus repot membeli media layaknya jaman dulu, namun sekarang, kita masih tidur saja Informasi berita di seluruh penjuru dunia sudah disampaikan oleh tugas Wartawan ketangan pembaca, tinggal klick HP Android anda.

Fungsi Pers
Dalam UU Pers no. 40 tahun 1999 tentang pers, fungsi pers sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, serta kontrol sosial. Sedangkan Pasal 6 UU Pers nasional melaksanakan peranan, memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui, menegakkan nilai nilai dasar demokrasi dan mendorong terwujudnya supremasi hukum dan HAM.

Pers sebagai Media Kontrol Sosial
Pers sebagai media kontrol sosial yaitu memiliki fungsi untuk mengontrol, mengkoreksi, mengkritik sesuatu yang sifatnya konstruktif, artinya sesuatu yang membangun, bukan merusak atau destruktif. 

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pers adalah merupakan filar keemat, setelah Eksekutif, Legislatif, Yudikatif dan, Pers didalamnya, yang disebut, ”The Press for is Power”. Artinya, betapa strategisnya posisi Pers. Walaupun hingga sampai saat ini Insan Pers masih belum mendapat tempat yang layak, karena masih terdapat perlakuan yang tidak seharusnya diterima. Tak Jarang seorang Jurnalis dilapangan masih mendapat perlakuan teror, penganiayaan, bahkan nyawa sekalipun masih menjadi taruhannya. Hal itu tampak masih akrab dengan nasib seorang Wartawan, hanya gara-gara melakukan fungsi kontrolnya.

Benar Filosopi Mahatma Gadhi, mantan Perdana Menteri India,” nasib seorang Jurnalis ibarat berdiri di tengah jalan, jika tidak akan tertabrak oleh kendaraan sebelah kiri, pasti oleh Kendaraan sebelah kanan.

Memang jawaban yang simpel adalah,” ya jangan berdiri di tengah jalan, namun bisa kita bayangkan jika di sesuatu negeri tidak ada Jurnalis, sedangkan setiap saat Wartawan selalu hadir saja, korupsi tak pernah sepi. 

Namun demikian, bagi Wartawan hal itu bukan halangan, karena itu bagian konsekwensi risiko dari sebuah propesi, terpaan badai dan ombak di tengah samudera ganas sudah menjadi lumrah, ketimbang berlayar di air tenang belum tentu membuat kami semakin matang. Dan alhamdulillah kami tetap senantiasa tegar masih berdiri ditengah Indepedensinya sebagai seorang Jurnalis.

Kembali kepada HUT BINTANGNEWS.com, yang pada tanggal 1 Januari 2018 ini, berarti usianya telah menginjakan kakinya ke tahun yang ke-7, semoga semakin hari BINTANGNEWS.com semakin dewasa. Sungguh berat kami katakan jika sampai saat ini kami masih mampu bertahan, namun tak harus menampik, rasa haru dan gembira pun ikut mewarnai keluarga besar kru BINTANGNEWs.com, kaena tanpa pembaca kamipun tak bisa berbuat banyak.

Semoga BINTANGNEWS.com diusianya yang meniti ke-7 tahunnya, akan senantiasa konsisten untuk menjadi media yang independen dan tidak berpihak pada kepentingan politik tertentu.  Dan mampu memerankan diri sebagai kekuatan media yang independen. Sebagaimana Filosopi Pers Nasional,” Kerja Keras, Cerdas dan Lugas, semuanya hanya dilaporkan kepada rakyat”.

Kami sebagai wartawan tetap selalu berpegang pada kode etik jurnalistik, karena hal ini bagian dari keselamatan kami. Seiring bertambahnya usia, semoga BINTANGNEWS.com semakin terus berkembang di tengah persaingan media yang sangat ketat.

Insya Allah kami akan tetap kritis, kontruktif dalam mengawal jalannya roda pemerintahan agar kami dapat lebih bermakna bagi masyarakat demi masa depan yang lebih baik. Karena sebuah perjuangan media harus terus mengembangkan diri agar dapat mempertahankan eksistensi dan Indepedensinya.

Untuk itu, kami atas nama keluarga Redaksi BINTANGNEWS.com, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat pembaca, karena tanpa itu, mustahil BINTANGNEWS.com bisa bertahan hingga sampai hari ini.

Dan yang terakhir, kami mengucapkan selamat tahun baru 2018, semoga bagi masyarakat pembaca pergantian tahun yang baru ini, merupakan momen yang sangat dinantikan, semoga ada banyak kejutan yang menjadi penutup untuk menyongsong tahun depan agar menjadi lebih baik lagi.

Tak terasa, tahun demi tahun begitu cepat berganti, masih ingatkah apa saja yang dulu pernah kita targetkan dan cita-citakan di tahun 2017?. Apakah semua itu sudah tercapai? mungkin ada yang tercapai, ada pula yang masih belum.

Dengan demikian, mari kita sambut tahun baru 2018 ini, sambil mengevaluasi diri di masa silam, mungkinkah selama ini kita terlalu banyak lalai untuk mewujudkan impian kita.

Karena sebuah kesuksesan tidak bisa diraih dengan hasil manja dan leha-leha, tapi sukses hanya bisa datang diudang dengan kerja keras dan cerdas,” dan kami ucapkan ditahun 2018, semoga sukses. Amiin..***
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply