Kajari Karawang Tahan Tiga Tersangka Kasus Koperasi Desa Tanjungbungin - Sumber Informasi Dunia

Kajari Karawang Tahan Tiga Tersangka Kasus Koperasi Desa Tanjungbungin

Share This
KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Tiga tersangka kasus yang diduga korupsi revitalisasi pasar Desa Tanjungbungin Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, diantara satu orang pingsan di
ruang penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang, Senin sore (08/01/18).

Hari itu, dua tersangka kasus korupsi revitalisasi pasar Desa Tanjungbungin tersebut telah ditahan. Saat proses penahanan, satu tersangka mengalami pingsan, karena ketakutan “diinapkan” di Lapas Warungbambu Karawang.

Kepala Kejari Karawang, Sukardi.SH mengatakan saat itu tersangka akan ditahan di Lapas kelas 1 A Warung bambu Karawang, Senin(8/1) setelah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik kejari. 


"Penyidik melakukan penahanan terhadap dua tersangka lainnya yang juga pengurus koperasi damai Santosa, yaitu HMJ dan AHM  yang dianggap bertanggung jawab atas pelaksanaan proyek pasar bantuan dari kementrian Koperasi senilai 900 juta tahun anggaran 2013,"jelas Sukardi kepada wartawan di Kantornya Senin sore. 

Sedangkan satu tersangka lainnya yang berinisial MTS, kata Sukardi ,belum dilakukan penahan karena mangkir saat akan dilakukan pemeriksaan penyidik. 

Terkait kondisi terdakwa yang pingsan sudah dibawa ke klinik terdekat untuk diperiksa kesehatannya dan kemudian akan dibawa ke lapas. 

"Terdakwa yang pingsan bukan karena menderita sakit, tapi karena shok dengan keputusan penahanan.Sebab, sebelumnya terdakwa dalam kondisi sehat sesuai dengan pemeriksaan dari dinkes sebelum dilakukan pemeriksaan oleh penyidik,"kata Kajari Karawang.

Akibat perbuatannya, ketiga terdakwa ini negara dirugikan sebesar 170 juta dari pembangunan fisik. Sedangkan kerugian lainnya berasal dari sewa kios sebesar 90 juta yang seharusnya digunakan untuk masuk ke kas desa.

Sementara, mengenai tersangka MTS yang mangkir saat akan melakukan pemeriksaan penyidik, Kejari akan melakukan upaya paksa agar memenuhi panggilan. Tersangka yang mangkir ini beralasan karena sedang dalam kondisi sakit. Namun hingga kini Kejari belum menerima keterangan sakit dari tersangka.

"Saya sudah perintahkan agar ada upaya paksa terhadap tersangka MTS. Saat ini kami sudah mambentuk Tim agar bisa segera menbawa tersangka ke kantor Kejaksaan",pungkasnya.(bin)  
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com

                                                        

Post Bottom Ad

Pages