Tarum Timur BTT 10 Cikampek jebol, 5 Kecamatan Diperkirakan Gagal Tanam - Sumber Informasi Dunia

Tarum Timur BTT 10 Cikampek jebol, 5 Kecamatan Diperkirakan Gagal Tanam

Share This

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Sedikitnya lebih dari 8000 Ha areal pertanian sawah  di 5 Kecamatan, terancam gagal tanam, menyusul jebolnya tanggul saluran irigasi yang menjadi sumber pengairan utama di Tarum Timur BTT 10, di Kabupaten Karawang Jawa, Barat, Minggu(14/01).

Adapun Lima Kecamatan itu, yakni kecamatan Tirtamulya, Desa Gempol, Desa Gempol Kolot Kecamatan Banyusari, Kecamatan Cilamaya Wetan,Kabupaten Karawang, Kecamatan Ciasem dan Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang.

Umur tanaman padi di lima Kecamatan baru memasuki masa tanam, “Kalau tanggul yang jebol ini tidak segera diperbaiki, maka areal sawah tanaman padi akan mati,’’ ujar  Ade (55) Petani Desa Dawuan Barat, kepada BINTANGNEWS.com Minggu (14/01).

Tanggul saluran irigasi yang jebol sepanjang kurang lebih 15 meter itu terletak di Tanggul saluran di wilayah BT 10 Desa Dawuan Barat jebol sekitar pukul 10:00 WIB,


Saluran BT 10 tersebut tepatnya berada di wilayah Kecamatan Cikampek Desa Dawuan Barat.diduga akibat volume air meningkat tembok penahan tanah (TPT) tidak kuat menahan arus air yang kencang ditambah akibat adanya rembesaan air di tanggul irigasi.

Deden Darmansah mantan anggota DPRD provinsi Jawa barat, mengatakan, panjang tanggul yang jebol hari minggu diperkirakan sekitar 15 meter dengan lebar 10 meter lebih faktor penyebab jebolnya tanggul diduga akibat faktor alam.
“Panjang tanggul yang jebol diperkirkan sekitar 15 meter, faktor alamlah penyebabnya” kata Deden saat di hubungi melalui celuler dilokasi.

Saluran irigasi tersebut selama ini mengalirkan air yang bersumber dari aliran sungai Tarum Timur. Akibat jebol, air yang seharusnya masuk ke areal persawahan akhirnya menjadi terbuang sia-sia.

“kami hanya mengawal supaya tanggul yang jebol segera diperbaiki karena masayarakat sangat membutuhkan air untuk masa tanam padi sehingga tidak terjadi gagal tanam” jelasnya.(joss).

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com

Post Bottom Ad

Pages