Tim Labfor Bareskrim Mabes Polri Cek 78 Ton Limbah B3 yang Dibuang di Karawang

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Bareskrim Polri mengecek 78 ton karung Limbah asal Pelembang, yang di Kampung Citaman, Desa
Tamansari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, untuk mengambil sampel guna meneliti lebih lanjut.

Limbah yan dikemas dengan karung bekas yang menumpuk di daerah kecamatan Pangkalan, ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan. Sejumlah orang mengalami gatal-gatal dan iritasi setelah mengangkut karung-karung berisi limbah B3 itu.

Seperti yang dialami Asep Permana (47). Ia adalah salah satu dari 7 warga setempat yang jadi kuli bongkar menurunkan karung beracun dari trcuk pada Selasa (16/1) siang lalu.


Sementara itu, pembuang Limbah tersebut disergap oleh tim satuan Tindak Pidana Tertetu (Tipiter) Polres Karawang, berhasil menangkap 5 Utim mobil Fuso yang membuang limbah B3 jenis Poly Aluminium Cloride / Chostic Soda di wilayah hukum Poles Karawang.

Limbah B3 berbahaya itu di buang di Kampung Citaman, Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, sekitar jam 12.00 Wib, beberapa waktu lalu, oleh Satuan Reskrim Unit 3 Tipiter bersama anggota Polsek Pangkalan sebanyak 5 unit kendaraan truck Fuso yang mengangkut limbah asal Palembang, yang dibuang dengan sembarangan tempat di Kecamatan Pankalan.


Pelaku pembuang limbah itu, diketahui, diantarang oleh Sopir bernama Ato asal Lampung, dengan kendaraan mobil Truck Nopol BE-9873-BQ, Sutiar alamat Lampung, kendaraan Truck Nopol BE-9674-GL, Nanang, alamat Lampung Kendaraan, Nopol K-1892-DL, Rohim Alamat Jepara-jateng, Nopol BA-9097-ML dan, Afandi asal Lampung, kendaraan dan Nopol K-1756-BC.

Sedangkan nama lain diantaranya, Daim, asal Pangapuran Kecamatan Pangkalana, karawang, Ismail asal Kampung  Bangkongreang, Desa Wangun Harja, Kecamatan Cikarang Utara, Bekasi.

Sementara itu, Polisi kini telah menyita 5 Unit Truck Fuso bermuatan Limbah B3, sejak hari Selasa 16 Januari 2018, sekira jam 12.00 wib.
    
Kejadian itu berawal tim Opsnal Tipiter bersama anggota Polsek Pangkalan sedang melaksanakan Patroli malam di sekitar wilayah Kecamatan Pangkalan, sekitar jam 12.00 Wib.

Tiba-tiba melihat ada 5 Unit kendaraan jenis Truck Fuso sedang melakukan bongkar muatan, yang diketahui adalah, jenis jenis Limbah B3 yang dikemas dengan karung bekas

setelah di cek, ternyata Limbah Limbah B3 yang berasal kiriman dari pelembang, yang sebelumnya di bongkar dari Kapal Tongkang, di Pelabuhan untuk tujuan dibuang ke karawang.

Menurut keterangan saksi, barang tersebut diangkut atas perintah Soni asal Cikarang bos PT. Lambage Mulia Perkasa, Cikarang, dengan alasan gudang Limabah Nanang sedang penuh, sudah tak mampu lagi menampung, akhirnya dititip kepada Daim asal Citaman, Pangkalan, Karawang.

Menurut Kasat Reskrim, Polres Karawang, AKP. Maradona Mappaseng S.Ik,” pelaku bisa dijerat dengan pasal berlapis, dengan Undang-undang no 18 tahun 2008, tentang pengelolaan sampah, dan  Pasal 102 atau pasal 104 Undang- Undang no 32 tahun 2009, tentang perlindungan dan pengolahan lingkungan.(bin)


Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply