Mensos Idrus Marham Pantau Penyaluran Bansos di Karawang


KARAWANG, BINTANGNEWS – Kunjungan kerja Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham ke Kabupaten Karawang, dalam rangka mengawasi pelaksanaan penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bansos Beras Sejahtera (Rastra), di Aula Husni Hamid
Pemda Karawang Kamis sore (01/03/2018).
Mensos Idrus Marham dalam kunjungannya, tampak disambut Bupati Karawang, dr.Hj. Cellica Nurachadiana, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda Karawang di Aula Husni Hamid.

 Kunjungan kerja Mensos tersebut, merupakan bagian dari upaya Mensos mengawasi pelaksanaan penyaluran bantuan sosial PKH, Bantuan Pangan Non Tunai BPNT dan, Bansos Beras Sejahtera (Rastra), di seluruh Jawa Barat.

 Sehari sebelumnya, Mensos sempat mengunjungi Kota Bogor Kabupaten Cianjur, Bandung, dan Karawang, guna memantau pencairan bansos tersebut.

“Saya datang ke berbagai kota dan kabupaten untuk bertemu langsung dengan ibu-ibu penerima bansos. Tujuannya untuk melihat bagaimana proses penyaluran dan pencairan dananya berjalan, serta memastikan penerima manfaat menggunakannya sesuai yang ditentukan,” terang Idrus usai bertemu di Aula Husni Hamid Pemda Karawang.

Mensos mengatakan tahun ini bantuan sosial PKH mencapai 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang akan ditingkatkan jumlahnya pada tahun depan menjadi 15 juta KPM. Saat ini, rencana perluasan jangkauan penerima PKH terus dimatangkan.

Sementara itu Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat mengatakan total bantuan sosial untuk Provinsi Jawa Barat tahun 2018 adalah Rp6,5 triliun.

Bansos tersebut terdiri dari PKH Reguler sebesar untuk 1.633.876 KPM, PKH Disabilitas untuk 8.991 jiwa, dan PKH Lanjut Usia untuk 13.173 jiwa. Bantuan juga mencakup Beras Sejahtera (Rastra) dan BPNT untuk 2.516.981 keluarga, serta bantuan hibah dalam negeri berupa bantuan paket sembako dan bantuan paket anak berprestasi.

Sementara itu, pembagian bantuan yang dilakukan secara simbolis ini, diberikan langsung oleh Bupati Karawang dr. Hj. Celica Nurachdiana, kepada  warga yang berhak mendapatkan program tersebut.

Menurut Bupati Karawang,” bantuan dana program PKH ini difokuskan untuk membantu warga miskin dalam membiayai pendidikan anak-anak bagi keluarga yang tidak mampu.

Selain itu, program ini juga sebagai penanggulangan kemiskinan sebagai program perlindungan dan bantuan sosial yang ditujukan kepada rumah tangga sangat miskin,” ujar Bupati.(bin)  

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply