NPT Akan Manfaatkan Korsel Tarik Kembali Korut - Sumber Informasi Dunia

NPT Akan Manfaatkan Korsel Tarik Kembali Korut

Share This

BINTANGNEWS.com – Negara-negara anggota perjanjian perlucutan senjata nuklir atau NPT akan memanfaatkan Korea Selatan (Korsel) untuk menarik kembali Korea Utara (Korut) dalam perjanjian itu. Korut
keluar dari NPT pada tahun 2003 lalu.
Dikutif Sindonews, Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Kementerian Luar Negeri Indonesia, Grata Endah menyatakan, membaiknya hubungan baik Korsel dan Korut akan coba dimanfaatkan NPT untuk merekrut kembali Pyongyang sebagai negara pihak perjanjian internasional itu.

"Kita punya Korsel yang merupakan anggota NPT," kata Grata ketika ditanya apa yang akan dilakukan negara anggota NPT untuk bisa menarik kembali Korut pada Rabu (21/3).

"Akan sangat menarik mendegarkan intervensi dari dua negara, Jepang dan Korsel. Harapan kami Korsel akan memberikan pembaruan dalam upaya-upaya untuk mendekati Korut dan saat ini sudah mencapai level tertinggi. Kita tidak ada penghakiman, jadi kita serahkan kepada negara yang menjadi concern untuk menyampaikan pendapatnya," sambungnya.

Sebelumnya, Grata menuturkan, Korut kemungkinan besar akan menjadi pembahasan utama dalam Dialog dan Konsulatasi Regional Mengenai NPT.

Ia lalu menuturkan bahwa jalur diplomasi lebih efektif ketimbang jalur sanksi dalam menyelesaikan masalah semacam ini. Grata menyebut, salah satu contohnya adalah kesepakatan nuklir Iran, atau yang dikenal juga dengan nama JCPOA.

"Sebenarnya sudah banyak pemikiran dengan apa yang terjadi dengan negosiasi JCPOA Iran. Kita lihat disitu bahwa JCPOA itu adalah bukti keberhasilan upaya diplomasi dan bukan sanksi," ungkap wanita berkacamata itu.(jon)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com


Post Bottom Ad

ad728

Pages