Peduli Baksos, RAPI Ambil Bagian di Gabungan Komunitas - Sumber Informasi Dunia

Peduli Baksos, RAPI Ambil Bagian di Gabungan Komunitas

Share This

BREBES, BINTANGNEWS.com – Bencana alam longsong dan banjir yang melanda beberapa wilayah Brebes dan sekitarnya terjadi hampir berbarengan. Salah satu penyebabnya adalah hujan deras terus-menerus yang mengguyur wilayah tersebut
menyebabkan terjadinya pergeseran tanah dan menyebabkan sebagian tanggul jebol akibat tidak kuat menampung debit air yang melebihi kapasitas.

Kerugian materil atau immateril bahkan korban jiwa menyisakan duka bagi para korban bencana. Seperti halnya bencana yang dialami warga di desa Rajawetan kecamatan Tonjong kabupaten Brebes, banyak bangunan rumah warga yang rusak berat bahkan hampir roboh karena adanya pergeseran tanah. Sebagian warga masih mengungsi di rumah sanak sodara untuk menghindari potensi longsor susulan.

 Pemerintah daerah telah bekerjasama dengan pihak pihak terkait untuk segera melakukan tindakan yang diperlukan untuk menangani musibah ini. Bantuan sosial dari berbagai pihak dan daerah terus berdatangan untuk membantu meringankan beban para korban. Tidak tertinggal beberapa komunitas dari Karawang yaitu Karyawan Toyota Peduli (KTP) dan  Weekend Family Camping (WFC) bekerjasama dengan RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) melakukan penggalangan dana dan mengumpulkan barang layak pakai untuk dikirim ke daerah bencana. Pengiriman bantuan dilakukan hari Sabtu (03/03/18) melalui komunikasi intens dengan RAPI daerah setempat agar benar benar dapat memetakan daerah mana yang belum begitu terjangkau oleh para donatur.

Sebelum berangkat menuju lokasi bencana, rombongan diterima di kantor kecamatan oleh Sumarno S.Pd M.SI selaku camat kecamatan Tonjong. Setelah diskusi singkat rombongan melanjutkan perjalanan menuju lokasi bencana. Bantuan diserahkan kepada warga dan diterima secara simbolis oleh camat setempat.”(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com

Post Bottom Ad

ad728

Pages