Komnas Anak: Duka Bayi Calista Harus Jadi Momentum Pemerintah Daerah - Sumber Informasi Dunia

Komnas Anak: Duka Bayi Calista Harus Jadi Momentum Pemerintah Daerah

Share This

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Duka anak Indonesia dengan kematian bayi Calista di Karawang,  Jawa Barat. Menjadi momentum pemerintah daerah menggelar deklarasi bebas
kekerasan terhadap anak di Kabupaten Karawang. 
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (Komnas PA),  Pemerintah Daerah dan Polres setempat tersebut diikuti sedikitnya 1.500 anak Indonesia. 

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengatakan meninggalnya bayi Calista di Karawang merupakan kejadian tragis atas kekerasan terhadap anak.  Dan hal tersebut terjadi hampir di semua wilayah Indonesia. 

"Oleh karena itu melihat respon bupati dan polres Karawang.  Kita sepakat untuk mendeklarasikan bebas kekerasan terhadap anak di Kabupaten Karawang. Calista menjadi momentum kita untuk melakukan perbaikan terus, " katanya di Karawang,  Jumat (6/4).

Disebutkan Arist,  saat ini jumlah kekerasan anak di Karawang kian meningkat. Sebanyak 11 kasus sudah terjadi dalam tiga bulan terakhir ini.  

"Dan ini menjadikan Karawang sebagai wilayah darurat kekerasan terhadap anak," terang dia. 

Lanjut Arist, dalam kesempatan deklarasi itu launcing 1000 peluit sebagai deteksi dini kekerasan pada anak juga dilakukan.  Peluit deteksi ini akan dilakukan diseluruh Indonesia. 

"Nanti anak-anak Indonesia akan dibekali peluit dan pemahaman disekolah.  Ketika mereka terasa terancam mereka akan meniupnya dengan keras sebagai tanda freekick.  Bunyipeluit akan menjadi tanda mereka butuh perhatian terhadap orang-orang disekitarnya, " terang dia. 

Sementara itu Bupati Karawang,  Cellica Nurrachadiana mengatakan program-program untuk mengarahkan  orang tua untuk mencintai dan membimbing anak akan dilakukan pemerintah.  

"Sehingga bimbingan ini akan menjadikan anak-anak Indonesia yang penuh kasih sayang.  Jadi kita harapkan tidak akan adalagi kekerasan terhadap anak. Pemerintah akan serius untuk melindungi anak-anak di Karawang," pungkasnya.(win)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com

Post Bottom Ad

Pages