Sekjen LSM KOMPAK Reformasi Laporkan Kasus Kambut ke ORI - Sumber Informasi Dunia

Sekjen LSM KOMPAK Reformasi Laporkan Kasus Kambut ke ORI

Share This

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Sekjen LSM KOMPAK Reformasi melaporkan kejari Karawang, Jawa Barat, ke Ombudsman Republik Indonesia (ORI) akibat lambatnya penanganan kasus Kampung Budaya (Kambud) Senin (02/04/2018).
Pancajihadi AL Panji melaporkan kasus tersebut ke ORI, karena Kajari Karawang dinilai sudah tidak menjalankan tupoksinya, yang disebut (Maladministrasi), dalam penanganan kasus Kambud. Sementara itu, berdasarkan amanat UU No 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia.

Laporan Al Pnji ini ke ORI berdasarkan surat laporan Nomor 231/LSM-HUK-LP/IV/2018, tertanggal 2 April 2018 Kamis tadi. Surat Laporan tersebut ditujukan langsung ke Ketua Komisi Ombudsman RI dan, tembusan ke Kejaksaan Agung serta Kejati Jawa-Barat.

Menurut Sekjen LSM KOMPAK Reformasi kepada BINTANGNEWS.com menjelaskan,” menurut Al Panji ada beberapa alasan pelaporan ini, karena dinilai sangat lamban dalam penanganan kasus ini, karena kasus ini terjadi sejak tahun 2012. Tapi sampai sekarang masih berkutat dalam tahap penyelidikan saja, padahal hasil pemeriksaan sudah menghadirkan 20 orang saksi,” ujar Al Panji.

”Sehingga, dugaan yang dialamatkan kepada Kejaksaan Negeri Karawang, adanya keengganan menangani perkara ini, maka bisa jadi kasus ini dilimpahkan ke Kejati Jabar, dengan alasan yang tidak jelas. Terkesan kasus ini seperti menjadi bola liar, sehingga menimbulkan skeptisme dan menurunnya kepercayaan pada supremasi hukum di Kabupaten Karawang,” ujarnya.

Pertanyaan saya, kenapa penanganan kasus ini harus dilimpahkan ke Kejati Jabar?, dulu saat penanganan beberapa kepala dinas, bisa ditangani dan ditetapkan sebagai tersangaka bagi atas penyalahgunaan dana APBD Karawang, dengan kata lain, sudah tidak ada lagi alasan bagi kejari Karawang,” pungkas Al Panji.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com

Post Bottom Ad

ad728

Pages