IPM Karawang Masih Urutan ke-14 di Jabar - Sumber Informasi Dunia

IPM Karawang Masih Urutan ke-14 di Jabar

Share This

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Indesks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Karawang, cukup baik, menempati posisi ke 14 di Jawa Barat, selama beberapa tahun terakhir. Namun, dari data yang dihimpun
Kabupaten Karawang, masih dibawah Kabupaten Purwakarta.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karawang, mendata IPM di Karawang mengalami peningkatan pada tahun 2017 mencapai 69,17 persen yang sebelumnya 68,19 persen pada tahun 2016. Dengan menempati posisi ke 14 di Jawa Barat.


Menurut Slamet Waluyo, kepala BPS secara rinci pencapaian IPM itu dilihat dari berbagai sektor, seperti pendidikan, ekonomi, kerakyatan, kesehatan dan infrastruktur wilayah. Namun peningkatan tersebut yang lebih menonjol dari komponen pendidikan, dilihat dari rata-rata lama sekolah yang tahun sebelumnya mencapai 6,94 sementara tahun 2017 mengalami peningkat hingga mencapai 7,34 tahun.

Prestasi ini tentunya disambut baik karena dapat meningkatkan pendidikan di Karawang.

Selain pendidikan, daya beli masyarkat juga mengalami peningkatan dari jumlah sepuluh ribu tiga ratus tujuh puluh sembilan rupiah menjadi sepuluh ribu tujuh ratus tiga rupiah,” Slamet Waluyo.

Sesuai dengan data yang dihimpun, selama beberapa tahun berturut-turut, IPM Karawang belum bisa mengalahkan kabupaten Purwakarta. Pada tahun 2017 Purwakarta diangka 69,28 sedangkan IPM Karawang 69,17.(win)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com


Post Bottom Ad

ad728

Pages