LMP Karawang Segera Investigasi Kebocoran Gas PT. Pindodeli 2 - Sumber Informasi Dunia

LMP Karawang Segera Investigasi Kebocoran Gas PT. Pindodeli 2

Share This

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Ketua Harian Ormas Laskar Merah Putih (LMP) Markas Cabang Karawang,  Wahyu Anggara, SH, akan melakukan Investigasi terkait sejumlah warga yang diduga keracunan akibat bocornya gas
Clorin milik PT Pindodelli 2, Karawang Jawa Barat, Senin(15/05).

Belasan orang yang keracunan akibat bocornya gas Clorin milik PT Pindodelli 2, duketahui adalah warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Karawang, terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit terdekat Rosella.

Menurut Wahyu Anggara, SH, berdasarkan pasal 65 UU No. 32 Tahun 2009, Tentang Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup menyebutkan bahwa setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai bagian dari Hak Azasi Manusia (HAM).

Sejumlah warga Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang Jawa Barat mengalami keracunan pada hari Selasa (15/05) terpaksa korban harus dilarikan ke Rumah Sakit Rosella Karawang, akibat dari kerusakan pulp yang menimbulkan kebocoran Gas Clorin dari PT. Pindodeli 2.

Peristiwa berbahaya ini bukan kali Pertaman, namun kebocoran serupa juga di bulan November 2017 pun pernah terjadi,” tutur Wahyu Anggara.

“Pemerintah harus mengambil sikap dan saya pikir relevan apabila Pemda meninjau ulang izin PT. Pindodeli 2,“Artinya, pemerintah harus mengambil ruang dalam menyelenggarakan lingkungan hidup yang baik terhadap masyarakat,” ujar Wahyu.

Wahyu menambahkan,” dalam pasal 71 UU PPLH dipertegas, yang pada pokoknya menyatakan bahwa Menteri, Gubernur dan, Bupati, diwajibkan melakukan pengawasan terhadap ketaatan penanggungjawab usaha atas ketentuan terhadap aturan perundang-undangan di bidang pengelolaan lingkungan hidup.

“Pasal 80 UU PPLH, Bupati berhak menutup atau melakukan penghentian sementara kegiatan produksi,” katanya.

 “Ini sudah terjadi berulang kali, periksa kembali dokumen perizinan dan  kelayakannya.” tambah pengacara yang sedang menyelesaikan thesis hukum lingkungan ini.

“Wahyu juga rencananya sore, saya akan membentuk tim investigasi dalam perkara ini dan akan kami tindak lanjuti dengan Audiensi kepada pihak terkait” tegas Wahyu.

Sementara itu, ketua LMP Markas Cabang Karawang, Awandi Siroj Kepada BINTANGNEWS.com mengatakatan,” dalam peristiwa ini pemerintah daeran jangan menutup mata, karena hal ini menyangkut keselamatan masyarakat.


”Sebaiknya pemerintah harus secepatnya mengambil tindakan, kalau perlu ditutup untuk sementara sebelum benar-benar PT Pindodelli 2 bisa menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat lingkungan sekitar.

"Dengan demikian, kami sangat seruis menyroroti hal ini, dan kami  LMP telah membentuk tim untuk secepatnya melakukan Investigasi, guna untuk ditidak lanjuti ke kekementrian lingkugan hidup,” tegas Awandi. (bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com

Post Bottom Ad

ad728

Pages