PAN Usung Gatot Akan Kesulitan Cari Koalisi


BINTANGNEWS.com – Silaturahmi yang dilakukan mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo kepada Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan membuka wacana PAN bakal
mengusung Gatot pada Pilpres 2019 mendatang.
Ketua Presidum Perhimpunan Masyarakat Madani (Prima), Sya'roni menganggap wacana PAN mengusung Gatot bisa saja terjadi. Namun, PAN akan kesulitan mencari partai koalisi untuk membentuk poros ketiga di luar poros Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto.

"Karena masing-masing parpol ingin jadi cawapres semua. Tidak ada yang mau mengalah," ujar pria yang akrab disapa Roni ini saat dihubungi SINDOnews, Rabu (9/5/2018).

Satu contoh, kata Roni, PAN bisa saja membujuk Demokrat dan PKB untuk membentuk poros ketiga. Hal ini rasanya sulit terwujud lantaran dua partai ini juga masing-masing mengajukan Muhaimin Iskandar dan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai cawapres. PAN juga mengusung Zukifli menjadi cawapres.

"Sampai sekarang belum ada lobi PAN untuk membentuk poros ketiga. Sebaliknya kemarin Zulhas secara terbuka mendukung Cak Imin menjadi cawapresnya Jokowi," ungkapnya.

Dijelaskan dia, gelagat tersebut bisa dibaca bahwa PAN tidak berniat membentuk poros ketiga. Bahkan bisa jadi Zulhas mendorong Cak Imin menjadi cawapres Jokowi agar persaingan memperebutkan kursi cawapres Prabowo semakin ringan.

"Artinya, nantinya hanya PKS yang akan bersaing dengan PAN," tutur dia dikutif Sindonews.

Menurut dia, sejauh ini parpol-parpol yang disebut akan membentuk poros ketiga terkendala oleh tidak adanya sosok figur kuat yang mampu menyatukan parpol-parpol pengusung. Ditambahkannya ketokohan dari masing-masing parpol memiliki level yang beda-beda tipis sehingga masing-masing merasa menjadi cawapres.

"Dengan kondisi adem ayem seperti sekarang ini maka sulit rasanya berharap akan adanya poros ketiga," pungkasnya.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com



Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply