VIDEO: Sang Ramadhan Telah Pergi Meninggalkan kita, 1 Syawal Telah Tibat



Oleh: T. Bintang
Pemred BINTANGNEWS.com
BINTANGNEWS.com – Sang Ramadhan telah pergi meninggalkan kita, 1 Syawal kini telah tiba yang akan menemani hari-hari kita ke depan. Padahal hari ini adalah merupakan hari kemenangan bagi semua umat Islam diseluruh dunia. Namun kita juga terpaksa harus bersedih hati karena kita telah berpisah dengan bulan yang penuh berkah dan penuh apunan Allah, sebab Ramadhan kini telah pergi meninggalkan kita semua.

Ramadhan kini telah pergi meninggalkan kita, namun tetap meninggalkan pesan,” kalian jangan takut bagi umat muslim karena kami telah berjanji, Insya Allah kami tahun depan pasti akan kembali untuk menemani kalian di bulan suci yang penuh berkah ini.

Seperti telah kita ketahui bersama, bahwasanya Ramadhan adalah bulan suci yang bisa dijadikan kesempatan emas, Ramadhan juga momen yang baik bagi yang mau meminta ampunan dosa kepada Allah Azja Wajalla, dengan syarat penuh keikhlasan karena kebaikan bisa dilipatgandakan.

Allah berfirman,” Dan Allah akan melipatgandakan fahala bagi siapa yang Ia khendaki, (QS: Al Bakarah Ayat 261).

Pada ayat ini sebelumnya telah dijelaskan tentang keutamaan berinfaq dan fahala berlipat ganda yang diperoleh bagi siapa orang yang berinfaq di jalan Allah. Artinya selain 700 lipatganda yang dijanjikan diayat sebelumnya, masih ada peluang untuk bertambah lagi dengan janji Allah dipenutup ayat ini.

Maka pemenang di bulan yang penuh ampunan ini, diantaranya adalah, kalian yang ikhlas melaksanakan Ibadah puasa, yang mampu menahan rasa hawa nafsunya, yang mampu mengulurkan tangannya menyisihkan sebagian hartanya, tampil menjadi seorang dermawan bagi Anak Yatin dan Fakir miskin dengan ikhlas karena Allah semata-mata.

Karena jika bicara keutamaan bulan suci Ramadhan, suatu ketik rosul didepan para sahabatnya berkata,” sesungguhnya para nabi terdahulu usianya cukup panjang, seperti Nabi Adam, nabi Nuh dan, nabi Ibrahih, usia mereka rata-rata mencapai 950 tahun. Dan tentu saja waktu ibadah mereka juga memiliki lebih panjang pula kepada Allah.

Dan Muhammad juga sempat menceritakan ada empat orang dari kaum Bani Israel yang selalu beribadah kepada Allah selama 80 tahun, maka selama itu pula mereka tanpa sekejap mata pun bermasyiat kepada Allah, diantaranya adalah Nabi Ayub, dan Nabi Zakaria.

Tentu saja bagi para sahabat menjadi kagum tapi juga mucul perasaan iri, karena mereka memeliki waktu lebih panjang lagi untuk ibadah kepada Allah, jika dibandingkan dengan kaum nabi muhammad usianya yang rata-rata hanya 60 sampai 70 tahun.
   
Namun malaikat Jibril datang untuk menghibur umat nabi Muhammad sambil berkata,”  Wahai Muhammad, apakah umatmu kagum dengan hamba Allah yang beribadahnya selama 80 tahun itu?.

”Ketahuilah, sesungguhnya Allah telah memberikan untuk umatmu yang lebih baik dari itu semua, kemudia malaikat membacakan surat Al-Qadr, yang didalamnya terdapat malam Lailatul Qadar yang memiliki nilainya lebih baik dari seribu bulan, atau lebih lama dari 80 tahun empat bulan dari yang mereka kerjakan.    

Demikianlah, betapa beruntungnya bagi umat nabi muhammad, jika dibandingkan dengan umat di jaman nabi-nabi yang lainnya. Karena umat nabi Muhammad sedikitnya memiliki tujuh keutamaan dari bulan suci Ramadhan ini.

Diantaranya:
1- Lailatul Qadar adalah waktu diturunkannya Al Qur’an
2- Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan
3- Lailatul Qadar adalah malam yang penuh keberkahan.
4- Malaikat dan juga Ar Ruuh -yaitu malaikat Jibril- turun pada Lailatul Qadar.
5- Lailatul Qadar disifati dengan ‘salaam’
6- Lailatul Qadar adalah malam dicatatnya takdir tahunan
7- Dosa setiap orang yang menghidupkan malam ‘Lailatul Qadar’ akan diampuni oleh Allah

Allah berfirman,Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhon: 3).

Maka semua malaikat turun pada malam Lailatul Qadar karena banyaknya barokah (berkah) pada malam tersebut. sebab sekali lagi, turunnya malaikat menandakan turunnya berkah dan rahmat. Sebagaimana malaikat turun ketika ada yang membacakan Al Qur’an, mereka akan mengitari orang-orang yang berada dalam majelis dzikir -yaitu majelis ilmu-. Dan malaikat akan meletakkan sayap-sayap mereka pada penuntut ilmu karena malaikat sangat mengagungkan mereka. (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 407)

Untuk itu kami berpesan jika tersesat dijalan, bertanyalah kepada Al-Qur’an, jika kalian dalam kegelapan bertanyalah kepada orang yang mampu menerangi hidupmu, (Ulama), jika hatimu masih kikir, tamak, serakah, ingatlah hartamu itu sebagian kecilnya masih ada hak Zakat Fitroh Fakir miskin dan Anak Yatim yang harus kalian berikan.

Dengan demikian, tahun ini kalian harus lebih baik dari tahun kemarin, sedangkan untuk tahun depan, mari kita harus lebih baik dari tahun sekarang,” itulah yang sesungguhnya kemenangan Ramadhan bagi umat Muslim.  

Sekali lagi, keutamaan Lailatul Qadar ini cukup menggoda semua para malaikat yang ikut turun ke bumi, termasuk malaikat Jibril demi berkah dan rahmat Allah. Sampai-sampai bumi ini terasa sempit dipenuhi para malaikat yang mengelilingi umat nabi Muhammad yang sedang membacakan Al-Qur’an, yang berada dalam majelis dzikir, majelis ilmu dan, malaikat sangat mengagungkannya. (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 407)

Sang Ramadhan berkata,” percayalah janji kami sedetik pun tidak akan kudustai, yang pasti kami akan datang dengan tepat waktu. Namun pertanyaannya, masihkah kalian tahun depan dapat menjamin bisa kembali bertemu bersama kami?. Inilah yang menjadi pertanyaan kami, karena umurmu menyangkut kerahasiahan Allah.

Dan terkadang, kamipun masih menaruh kekhawatiran,” benarkah kalian dibulan yang suci tahun ini telah menjadi bulan kemenangan bagi kalian semua?. Tentu saja jawabannya sangat privacy karena yang tahu hanyalah kalian dengan Allah semata.

”Demikianlah,” Taqobbalallaahu Minna Wa Minkum Barokallahu Fikum”
Kami atasnama keluarga besar Redaksi BINTANGEWS.com, mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H. Mohon maaf lahir dan Batin.

We are the names of big family of Editorial BINTANGEWS.com, congratulate happy Eid al-Fitr 1 Syawal 1439 H. Apologize born and inner .***

Ikuti Terus Sumber Infomasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply