Jelang Bertemu Trump, Kim Jong-un Merombak Petinggi Militer


BINTANGNEWS.com – Media Presstv berbahasa Inggris melaporkan,” Korut telah mencopot tiga pejabat militernya, seorang pejabat senior AS mengatakan, sebuah langkah yang menurut para ahli ditujukan untuk memulai pembicaraan
langsung dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Pernyataan pejabat AS yang tidak disebutkan namanya pada hari Minggu mengkonfirmasi laporan sebelumnya oleh kantor berita Korea Selatan Yonhap, Reuters melaporkan Senin.

Mengutip sumber intelijen yang tidak disebutkan namanya, Yonhap mengatakan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah memilih No Kwang Chol, wakil menteri pertama dari Kementerian Angkatan Bersenjata, untuk menggantikan Pak Yong Sik sebagai kepala pertahanan, sementara juga mengganti kepala Staf Umum dari Tentara Rakyat Korea (KPA), Ri Myong Su dengan wakilnya, Ri Yong Gil.

North Korea shakes top military brass as Trump-Kim meet nears

North Korea’s state news agency KCNA had announced earlier that Army General Kim Su Gil was replacing Kim Jong Gak as director of the KPA’s General Political Bureau.

Kim says he is committed to a high-stakes summit with US President Donald Trump in Singapore on June 12, the first such meeting between a North Korean leader and a sitting US president.

Para analis mengatakan perombakan itu memungkinkan dia dan partainya yang berkuasa memperketat kontrol atas pasukan bersenjata Korea Utara pada tahap kritis dalam sejarah negara itu, karena menunggu era apa yang Korea Selatan dan Amerika telah sebut sebagai keterlibatan internasional dan pembangunan domestik.

"Jika Kim Jong-un bertekad untuk berdamai dengan AS dan Korea Selatan dan menangani setidaknya sebagian dari program nuklir, ia harus menempatkan pengaruh KPA dalam kotak dan menyimpannya di sana," Ken Gause, direktur International Affairs Group di CNA, sebuah organisasi penelitian dan analisis nirlaba, berpendapat.

“Perombakan ini telah membawa para perwira yang dapat melakukan hal itu. Mereka setia pada Kim Jong-un dan tidak ada orang lain, ”tambah analis.

Analis lainnya mengatakan langkah Kim pada akhirnya akan membantu pasukan militer Korea Utara mengambil peran yang lebih besar dalam proyek infrastruktur penting. Ide ini memperoleh momentum lebih banyak setelah Biro Politik Umum, Jenderal Angkatan Darat Kim Su Gil, mendampingi pemimpin Korea Utara pada perjalanan baru-baru ini ke zona wisata pantai.

All the three appointees are significantly younger than their predecessors, a fact that consolidates Kim’s position as the leader and strengthens cooperation between the North’s party and military in such high times, said Yang Moo-jin, professor at the University of North Korean Studies in Seoul.***
Continue to follow the World Resources on twitter @ bintangnews.com

Editing: T.Bintang
Source: Presstv.com


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply