''Kampus Idola'' Dikenal Lewat Akreditasi Internasional


BINTANGNEWS.com – Masyarakat Ekonomi ASEAN yang berlaku mulai tahun 2016 telah mendorong Indonesia untuk ikut meningkatkan kualitas tenaga kerja dan pendidikan. Perguruan tinggi memiliki peran
penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing unggul.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan peringkat akreditasi, baik dalam skala nasional maupun internasional. Terlebih lagi, pengakuan secara internasional dapat mendongkrak setiap perguruan tinggi di Indonesia agar dapat selevel dengan perguruan tinggi berkualitas di negara maju.

Nah, sebagaimana dilansir Kompas.com, berikut ada beberapa jenis akreditasi internasional yang perlu kamu ketahui. Jenis akreditasi ini juga sudah diraih oleh beberapa perguruan tinggi unggulan yang ada di Indonesia, termasuk Universitas Islam Indonesia (UII).

1. Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) IABEE memberikan akreditasi untuk program studi di bidang teknik, teknologi, dan komputasi.

IABEE mengukur kemampuan program studi teknik di Indonesia dalam menyiapkan lulusan yang memenuhi standar dan kualifikasi internasional sehingga lebih siap memasuki dunia profesi. Program studi yang sudah mendapatkan akreditasi ini diantaranya adalah Program Studi Teknik Sipil UII.

 2. Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) ABET merupakan lembaga akreditasi internasional yang berkedudukan di Baltimore, Amerika Serikat. Lembaga ini mengakreditasi perguruan tinggi untuk program studi di bidang ilmu alam dan ilmu terapan, komputer, teknik, serta teknologi industri. Pada saat ini,

ABET telah mengakreditasi 3.709 program studi pada 752 perguruan tinggi di 30 negara. Program Studi Teknik Lingkungan UII menjadi satu-satunya Program Studi Teknik Lingkungan di Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang memperoleh akreditasi internasional dari ABET. Selain mendapatkan akreditasi ABET, Prodi Teknik Lingkungan UII juga mendapatkan akreditasi internasional dari IABEE.

3. Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE) JABEE adalah sebuah lembaga internasional yang mengakreditasi program studi di perguruan tinggi untuk menghasilkan tenaga profesional yang diakui oleh asosiasi profesi internasional di bidang teknik.

Proses evaluasi JABEE sangat menghargai orisinalitas dan keunikan dari suatu program studi. Mereka juga selalu mendorong program studi untuk meningkatkan kualitasnya melalui proses penilaian yang berkesinambungan, seperti yang didapatkan oleh Program Studi Teknik Sipil UII.

Sejak tahun 2017, JABEE merekomendasikan berbagai program studi teknik di Indonesia untuk diakreditasi oleh IABEE (Indonesian Accreditation Board of Engineering Education).

4. Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) KAAB menyediakan akreditasi bagi program studi bidang arsitektur untuk berbagai universitas di dunia. Mahasiswa yang lulus dari program studi yang terakreditasi KAAB akan mendapatkan pengakuan kesetaraan kompetensi lulusan di level internasional.

Saat ini, hanya ada 2 program studi arsitektur di Indonesia yang terakreditasi KAAB, salah satunya adalah Program Studi Arsitektur UII. Melalui akreditasi internasional KAAB, lulusan Program Studi Arsitektur UII dapat memperoleh registrasi arsitek atau melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi luar negeri yang memiliki rekognisi akreditasi yang sama.

5. Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) ACCA adalah wadah global bagi akuntan profesional. Perusahaan akan lebih menyukai lulusan akuntansi yang berkualifikasi ACCA, karena keterampilan dan kompetensi yang dimiliki sangat relevan dengan setiap area akuntansi dan keuangan.

Oleh karena itu, pemegang gelar ACCA mempunyai pilihan yang beragam untuk memegang berbagai peran dan posisi dalam perusahaan/organisasi. Dengan jaringan yang tersebar di lebih dari 180 negara dan 91 kantor cabang di seluruh dunia, pemegang gelar ACCA akan menikmati layanan global dari sebuah organisasi yang mendunia.

Dapatkan kesempatan untuk meraih gelar ACCA dengan belajar di Program Studi Akuntansi UII. Untuk mencapai akreditasi internasional, perguruan tinggi harus dapat memenuhi berbagai kriteria yang telah ditetapkan sesuai standar internasional.

Beberapa kriteria inti yang harus dipenuhi adalah kualitas riset, lulusan kerja, kualitas pengajaran, dan infrastruktur. Keempat hal tersebut lah yang terus ditingkatkan oleh UII untuk membuktikan kemampuan mencetak lulusan yang berdaya saing tinggi di tingkat internasional. Yuk, jadi bagian dari UII dengan kunjungi pmb.uii.ac.id atau media sosial @uiiyogyakarta.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply