Pemimpin Spiritual Tertinggi Iran Ancam Blokir Ekspor Minyak Teluk - Sumber Informasi Dunia

Pemimpin Spiritual Tertinggi Iran Ancam Blokir Ekspor Minyak Teluk

Share This

BINTANGNEWS.com – Pemimpin spiritual tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, tidak ada negara di kawasan itu yang akan mengekspor minyak jika ekspor minyak Teheran
dihentikan. Ancaman yang sama sebelumnya disuarakan oleh Presiden Iran Hassan Rouhani.

Berbicara kepada duta besar Iran dan diplomat senior, Khamenei mendukung ancaman Rouhani untuk menutup Selat Hormuz sehingga memblokir semua pengiriman minyak dari Teluk Persia.

"(Ini) adalah pernyataan penting yang mencerminkan pendekatan Republik Islam," kata Ayatollah, menurut situs resminya seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (22/7/2018).

Dilansir Sindonews, pria berusia 79 tahun itu menambahkan bahwa Kementerian Luar Negeri Iran harus dengan teliti melakukan pendekatan.

Pernyataan itu datang sebagai tanggapan terhadap retorika anti-Iran oleh Amerika Serikat (AS), yang saat ini menekan sekutu untuk memotong ekspor minyak mentah Iran. Selama tur baru-baru ini, seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri memperingatkan bahwa mereka yang gagal mengurangi impor minyak Iran ke "nol" pada awal November akan menghadapi sanksi AS.

Teheran dan Washington telah bertukar ancaman sejak negara itu berusaha membongkar kesepakatan nuklir Iran 2015. Namun, sementara AS menarik diri dari perjanjian tersebut, negara-negara lain tidak mengikutinya dan mengutuk langkah itu, bersumpah untuk mempertahankan perjanjian tanpa dukungan dari Washington.

Sementara Teheran masih ingin melakukan perundingan lebih lanjut dengan Eropa, Khamenei mengatakan bahwa berunding dengan Washington akan sia-sia.

"Kata dan bahkan tanda tangan orang Amerika tidak dapat diandalkan, sehingga negosiasi dengan Amerika tidak ada gunanya," katanya kepada pejabat Kementerian Luar Negeri.

Sebelumnya, pemerintah Trump meminta pertemuan dengan Rouhani delapan kali, tetapi pihak Iran menolak untuk berpartisipasi.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com  

Post Bottom Ad

ad728

Pages