Benarkah Jalan Kaki 25 Menit Tiap Hari Perpanjang Umur Tujuh Tahun? - Sumber Informasi Dunia

Benarkah Jalan Kaki 25 Menit Tiap Hari Perpanjang Umur Tujuh Tahun?

Share This

BINTANGNEWS.com – Media CNN Indonesia melaporkan,” siapa tak ingin bisa panjang umur, sehat bugar dengan cara yang mudah dan sederhana? Cara berikut tampaknya bisa dicoba oleh semua orang. Yakni dengan cukup berjalan kaki 20-25 menit per hari.
Para ahli menyebut hanya dengan berjalan kurang dari satu jam itu, jika dilakukan dengan rutin bisa memperpanjang umur hingga tujuh tahun. Dengan rutin berjalan kaki setiap hari orang akan mengurangi risiko dari penyakit jantung,  terutama pada mereka yang berusia 50 atau 60 tahunan.

Di Inggris penyakit jantung jadi pembunuh terbesar. Kematian akibat penyakit ini terjadi setiap tujuh menit. Olahraga sebenarnya telah lama menjadi  cara paling sederhana untuk mengurangi risiko penyakit ini, termasuk juga mengurangi risiko obesitas dan diabetes.

Fakta manfaat jalan kaki itu dipaparkan dalam kongres European Society of Cardiology (ESC) Congress.  Penelitian oleh Saarland University, Jerman itu melibatkan 69 orang sehat tidak merokok berusia antara 30-60 tahun yang sebelumnya idak pernah berolahraga secara rutin.

Mereka masing-masing menjalankan tes darah selama enam bulan penelitian. Selama masa itu mereka mendapatkan latihan aerobik, latihan interval intensitas tinggi dan latihan kekuatan otot. Selain tes darah mereka juga mendapatkan tes proses anti-penuaan dan perbaikan DNA.

“Dapat disimpulkan jika orang berolahraga secara teratur, mereka mungkin akan mengalami mundurnya proses penuaan,” kata Sanjay Sharma, profesor masalah penyakit jantung yang menurun di jurusan kardiologi olahraga di ST George’s University Horpital yang berada di bawah naungan NHS Foundation Trust di London.

“Kita mungkin tak bisa sepenuhnya terhindar dari penuaan, tapi kita bisa memperlambat prosesnya. Kita mungkin bisa terlihat muda saat berusia 70 tahun, bahkan bisa hidup hingga usia 90-an,” kata Sharma seperti dikutip dari Indepedent.

“Olahraga bisa memberi 3-7 tahun tambahan usia. Selain itu olahraga juga bermanfaat sebagai antidepresan,  memperbaiki fungsi ingatan dan bahkan juga ada yang menyebut bisa meringankan derita akibat dementia.”

Saran dari para ahli bagi setiap orang bisa berjalan atau berjogging 20 menit setiap hari dan mengubah pola makan jadi lebih sehat untuk hasil lebih maksimal. Peneliti juga menyebut olahraga bisa memperbaiki fungsi otak. 

Olahraga juga terbukti tetap memberi manfaat tak peduli di usia berapapun orang memulai. Orang yang mulai berolahraga pada usia 70 tahun akan mengurangi risikonya terserang masalah detak jantung tak teratur hingga 10 persen dibanding mereka yang berusia lebih dari 80 tahun.

“Studi ini memberikan lebih banyak pemahaman mengapa aktivitas fisik itu sangat penting,” kata Christi Deaton, profesor dari  Florence Nightingale Foundation di Clinical Nursing Research, Cambridge Institute of Public Health.

“Penelitian ini juga membantu kita untuk memahami proses penuaan sel, inilah yang menggerakkan sistem penuaan organ dan tubuh kita. Aktivitas fisik memang bisa berpengaruh hingga ke level selular,” kata Deaton.

“Semakin aktif Anda, tak peduli kapan Anda memulainya, semakin banyak keuntungan Anda dapatkan."(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com


Post Bottom Ad

ad728

Pages