Demi Air Bersih Warga Desa Kutanagara Harus Tempuh Jarak 7 Kilometer - Sumber Informasi Dunia

Demi Air Bersih Warga Desa Kutanagara Harus Tempuh Jarak 7 Kilometer

Share This

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Dua Warga Desa Kutanagara, dan Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel, Karawamg, terpaksa harus menempuh Jarak 7 kilometer untuk mendapatkan air bersih demi kebutuhan mandi dan cuci pakaian.
Kemarau panjang menjadi penyebab sulitnya air bersih bagi warga Tanjakan Pacul, Dusun Cidampa II, dan Dusun Cibenda, yang mengalami kekeringan cukup parah di pinggiran kawasan industri di Karawang Selatan.

Kendati sudah ada bantuan air bersih dari Badan Penanggunalangan Bencara Daerah (BPBD) Karawang, dan dari yang peduli bencana kekeringan, namun warga terpaksa untuk memenuhi kebutuhan air untuk mandi dan mencuci pakaiannya harus menempuh jarak 7 kilometer.

Sebut saja keluhan Karna (34) menjelaskan kondisi debit air sumur  warga sudah mengering mengaku sudah sekitar lima bulanan. Kalau bantuan air bersih dalam sehari saja tidak datang, maka warga terpaksa mencari sumber air dengan jarak tempuh sekitar 7 kilometer.

Maka, tidak jarang beberapa warga terpaksa harus mencari air diluar dusun atau ditetangga  desa yang masih memiliki sumber air bersih, bagi yang memiliki sepeda motor karena pasokan dari BPBD tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan warga sehari-hari,” Keluh Karna.

Sementara itu, menurut Sekretaris BPBD Karawang, Supriatna mengatakan,” sekitar 20 ribuan lebih di 15 desa di tiga Kecamtan, masih kesulitan air bersih, dampak dari kemarau panjang yang melanda wilayah Karawang.

"Selama kurun waktu mulai Juni hingga Oktober masih terus melakukan pendistribusian air bersih ke desa-desa yang mengalami kekeringan,"katanya.

Selain BPBD Karawang, kata Supriatna, ada juga pihak lain yang mendistribusikan air bersih ke wailayah kekeringan seperti Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tarum, pihak kepolisian Polres Karawang dan, Pihak Swasta.(jon)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com

Post Bottom Ad

Pages