Inggris Bantu Korban Gempa Palu Sebesar Rp60 Miliar - Sumber Informasi Dunia

Inggris Bantu Korban Gempa Palu Sebesar Rp60 Miliar

Share This

BINTANGNEWS.com – Pemerintah Inggris mengumumkan total bantuan yang akan diberikan kepada Indonesia untuk korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, termasuk Palu dan Donggala,  mencapai Rp60 miliar. Hal itu disampaikan Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik.
"Tadi malam, Ratu Elizabeth meminta saya untuk menyampaikan dukacita kepada Presiden Jokowi (Joko Widodo), untuk disampaikan kepada rakyat Indonesia," kata Dubes Moazzam, dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Kamis (4/10/2018) malam.

"Seluruh warga Inggris merasakan duka yang mendalam atas terjadinya gempa dan tsunami di Sulawesi pekan lalu. Tidak ada satu orang pun di Inggris yang tidak bergeming oleh kejadian ini. Doa kami menyertai mereka yang menjadi korban," ujarnya.

Sejak Jumat lalu, tim Inggris termasuk para ahli bantuan kemanusiaan yang datang dari negara tersebut telah bekerja tanpa henti, berkordinasi dan memastikan bantuan tersebut menjangkau mereka yang paling membutuhkan.

Menurut diplomat tersebut yang diklansir Sindonews, Indonesia tidak sendiri dalam menghadapi bencana alam ini. Indonesia memiliki banyak negara sahabat. "Inggris akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu, bekerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk menentukan fokus kebutuhan di lapangan," katanya.

"Empat jam setelah pemerintah Indonesia informasikan prioritasnya, kami langsung tawarkan sejumlah pilihan. Kemudian Inggris mengumumkan rencana bantuan senilai Rp40 miliar. Kemarin kami kembali mengumumkan bahwa Inggris akan memberikan tambahan Rp20 miliar, sehingga total bantuan Inggris untuk Sulawesi Tengah adalah Rp60 miliar," papar Moazzam.

Tidak hanya itu,  sebagai tambahan, Inggris telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan melalui PBB, Palang Merah Internasional dan Uni Eropa.

"Pesawat Angkatan Udara Inggris bermuatan bantuan sedang menuju Indonesia. Pesawat bantuan kedua sedang dipersiapkan, dan pesawat ketiga sedang direncanakan. Kami telah mengirimkan beberapa staf ke Balikpapan dan siap membantu.

Pesawat-pesawat tersebut akan membawa bantuan berupa tenda terpal, air minum, lampu surya dan persediaan untuk alat kebersihan dan sanitasi bagi sekitar 10.000 orang. "Bantuan ini mudah-mudahan akan menghindarkan mereka dari risiko penyakit dan infeksi," kata Moazzam.
 
"Kami akan mengantar bantuan ini ke Palu dan membagikannya melalui mitra-mitra seperti Palang Merah Indonesia," imbuh Moazzam.

"Terima kasih kepada pemerintah Indonesia dan kami siap membantu. Di dunia yang saling terhubung ini, apa yang terjadi di Indonesia, dilihat dan didengar sampai ke Inggris. Masa depan kita saling terkait, dan dalam masa sulit ini, kami bersama Indonesia.""***


.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com


Post Bottom Ad

ad728

Pages