Kerja Sama RI Korsel, Proyek Pengembangan Jet Tempur Terus Berlanjut - Sumber Informasi Dunia

Kerja Sama RI Korsel, Proyek Pengembangan Jet Tempur Terus Berlanjut

Share This

BINTANGNEWS.com – Korea Selatan (Korsel) menyatakan akan tetap melanjutkan proyek pengembangan jet tempur bersama dengan Indonesia, meskipun Jakarta belum membayarkan dana kontribusinya sebesar USD 200 juta.
Indonesia dan Korsel pada tahun 2014 sepakat untuk mengembangkan jet tempur "KF-X". Proyek ini diperkirakan bernilai sekitar USD 7.9 milyar, dan Indonesia telah setuju untuk membayar 20 persen dari biaya pengembangan. Indonesia meminta untuk proses pembayaran lebih ringan pada program ini.

Badan pengadaan senjata Korsel, Defense Acquisition Program Administration (DAPA) menuturkan bahwa meskipun ada kendala pada masalah pendanaan, proyek tersebut sampai saat ini masih berjalan.

"Selama pertemuan puncak Korssel-Indonesia pada bulan September, disepakati untuk terus mengembangkan KF-X. Tentang kontribusi, kami berencana untuk bernegosiasi lebih lanjut," kata juru bicara DAPA, seperti dilansir Reuters pada Senin (22/10).

Menurut sumber Sindonews, Juru bicara itu kemudian menuturkan bahwa kontribusi yang belum dibayar Indonesia adalah sekitar USD 200 juta, dari antara paruh kedua tahun 2017 dan paruh pertama tahun 2018.

Permintaan Indonesia terkait masalah kontribusi dari kesepakatan itu datang, karena Indonesia sedang mencoba untuk memperkuat Rupiah, yang endekati angka terendah dalam 20 tahun terakhir, dan untuk mengurangi penggunaan cadangan devisa.


.(boy)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com

Post Bottom Ad

Pages